Sabtu, 29 Januari 2011 13:02 WIB News Share :

Penjarakan 19 politisi, KPK tak gentar hadapi tekanan politik

Jakarta--KPK menegaskan kalau tindakan hukum yang dilakukan atas 19 politisi terkait dugaan suap DGS BI murni penegakan hukum. Karena itu KPK tak akan gentar menghadapi tekanan politik.

“Tentu KPK tidak menjadi surut kalau ada tekanan,” kata juru bicara KPK, Johan Budi saat dihubungi, Sabtu (29/1).

Dia menjelaskan, KPK dalam menjalankan tugas, tidak berdasarkan permintaan atau tekanan pihak tertentu. “Upaya hukum yang dilakukan adalah berdasarkan aturan perundang-undangan yang berlaku,” terangnya.

KPK juga, lanjut Johan, tidak bisa diintervensi oleh kekuatan politik apapun. KPK tetap bersandar pada koridor hukum. “KPK tidak mau diintervensi baik oleh kekuatan politik maupun pemerintah,” tutup Johan.

Diketahui 19 politisi ditahan KPK pada Jumat (28/1). Mereka dijerat pidana korupsi atas dugaan menerima suap terkait pemilihan DGS BI Miranda S Goeltom pada 2004 lalu.

Sebelumnya salah satu tersangka yang ditahan, Paskah Suzetta mengajukan protes atas tindakan hukum KPK. “Saya ini orang politik, saya akan melawan secara politik,” terang Paskah di KPK.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…