Sabtu, 29 Januari 2011 11:02 WIB News Share :

Diusulkan, jabatan menteri kependudukan

Jakarta–Ledakan penduduk menjadi persoalan baru di Indonesia. Dikhawatirkan, bila tidak ditangani segera persoalan jumlah penduduk akan menjdi masalah besar di masa depan. Saat ini saja jumlah penduduk Indonesia sudah mencapai 240 juta orang.

“Indonesia perlu menteri kependudukan, hanya jabatan setingkat menteri yang bisa bicara di kabinet,” kata Kepala Lembaga Demografi UI Sonny Harry D Harmadi dalam diskusi yang digelar Radio Trijaya di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (29/1).

Sonny menjelaskan, dengan posisi menteri kependudukan, akan mudah sekali dibuat aturan untuk melakukan upaya mencegah ledakan penduduk. “Menteri Kependudukan memiliki kewenangan seperti membuat Perda atau peraturan lainnya, tidak seperti BKKBN,” terangnya.

Selain itu, dengan jabatan selevel menteri, akan mudah sekali melakukan koordinasi dengan instansi lainnya. “Tentu bisa melakukan kerjasama dengan mudah, dengan Kementerian Pendidikan dan juga Kementerian Pertanian,” tutup Sonny.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…