Jumat, 28 Januari 2011 16:57 WIB Internasional Share :

Pesawat antariksa Progress M-09M diluncurkan

Moskow–Sebuah pesawat antariksa barang, Progress M-09M diluncurkan menuju Stasiun Antariksa Internasional (ISS) pada Jumat pukul 04.32 waktu Moskow, demikian kata Badan Antariksa Rusia, Roscosmos. Pesawat itu diluncurkan dari pusat kendali antariksa Baikonur di Kazakhstan dengan roket pendorong Soyuz-U. Roket dan pesawat tersebut akan berpisah sepuluh menit kemudian dan berhasil memasuki orbit yang telah direncanakan.

Pesawat antariksa barang itu akan mengantarkan bahan bakar, oksigen, bahan pangan, sejumlah buku dan kado ulang tahun bagi kapten Ekspedisi 26, Scott J Kelly dari Amerika Serikat yang berumur 47 tahun pada 21 Februari.

Pesawat antariksa itu akan bergabung dengan stasiun antariksa pada 30 Januari pukul 05.40 waktu Moskow. Sebelumnya pada pekan ini pesawat antariksa barang milik Rusia, Progress M-08M telah melepaskan kaitan dari ISS dan ditenggelamkan di kawasan Samudera Pasifik selatan yang terpencil. Sejumlah pesawat barang berjenis Progress telah menjadi penyokong armada pesawat antariksa barang Rusia selama beberapa dasawarsa. Sebagai tambahan atas misi utama mereka sebagai pesawat antariksa barang, mereka pernah menyesuaikan orbit ISS dan melakukan sejumlah penelitian ilmiah.

Ant

LOWONGAN PEKERJAAN
DIBUTUHKAN TENAGA JAHIT, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…