Soloraya
Jumat, 28 Januari 2011 - 03:03 WIB

BOS tahap I cair akhir Februari

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo memperkirakan pada akhir Februari, Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahap I sudah cair. Kepala Disdikpora Solo, Rakhmat Sutomo, saat ditemui wartawan di Solo Techno Park, Kamis (27/1), mengatakan proses sosialisasi BOS ke sekolah telah dimulai pekan ini.

Advertisement

“Hari ini (kemarin-red), sosialisasi untuk SMP sudah dimulai. Sementara SD akan menyusul dalam waktu dekat,” terangnya. Rakhmat menargetkan, proposal Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah (RKAS) sudah terkumpul setidaknya awal Februari. Sehingga, imbuh dia, pekan kedua Februari semua RKAS sudah dapat diproses di Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD).

“Setelah proses di DPPKAD usai, baru akan diajukan ke Dewan untuk mengurus permit-nya,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rakhmat mengimbau pihak sekolah untuk tepat waktu dalam pengumpulan RKAS. Hal ini penting agar pencairan dana BOS bisa turun secepatnya. “Jika ada satu saja yang tertinggal, permohonan-permohonan yang lain jadi tidak bisa diproses,” ujarnya.  Ia pun menginstruksikan sekolah khususnya SD segera membentuk Pembantu Bendahara Pengeluaran Pembantu (PBPP) untuk membantu proses pencairan BOS. “Pembentukan PBPP tersebut memang kami arahkan untuk SD. Kalau SMP kan sudah punya pegawai tata usaha. Ini untuk membantu kelancaran BOS saja,” katanya. Di sisi lain, Rakhmat mengaku optimis pencairan BOS di tingkat SMP bisa berjalan lancar. Menurutnya, SMP sudah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Keuangan Daerah (Simda) dengan baik.

Advertisement

m99

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : BOS
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif