Bank Pasar siapkan Rp 10 miliar bagi UMKM

Solo (Espos)–Perusahaan Daerah (PD) BPR Bank Pasar mempersiapkan anggaran senilai Rp 10 miliar (M) untuk melayani permintaan kredit kalangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Solo. Alokasi dana kredit itu meningkat lebih dari 200% dibanding realisasi kredit UMKM di bank setempat pada 2010, yang hanya Rp 3 miliar. Direktur Utama (Dirut) PD BPR Bank Pasar Solo, Agung Riawan mengatakan porsi anggaran yang tinggi untuk UMKM tersebut diharapkan dapat mendongkrak kegiatan perekonomian di Kota Bengawan. Kalangan pedagang pasar akan menjadi sasaran penawaran kredit tersebut.

“Dari tahun ke tahun, kredit untuk UMKM dari Bank Pasar terus tumbuh. Tahun 2011, kami bahkan mentargetkan Rp 10 miliar pinjaman untuk UMKM,” bebera Agung di sela-sela upacara pindahan kantor PD Bank Pasar, Jumat (28/1).

Berdasarkan catatan bank setempat, kredit bagi kalangan UMKM memang masih menempati porsi kecil dari sisi nilai kredit. sekitar 95%, dari total 28,2 miliar kredit bank tersebut disalurkan bagi kalangan pegawai negeri sipil (PNS). Pada tahun 2009, porsi untuk kredit UMKM bahkan hanya 5%. Namun, untuk tahun 2011 ini, Agung bertekad mendongkrak kredit bagi UMKM sampai 15%-20% dari total kredit yang disalurkan kepada masyarakat.

Di sisi lain, kinerja PD Bank Pasar, dijelaskan Agung, terus mengalami pertumbuhan. Di bandingkan tiga tahun lalu, atau 2007, angka penyaluran kredit meningkat sekitar 1,8 kali lipat, dari Rp 10,2 miliar menjadi Rp 28,2 miliar pada 2010. Angka kedisiplinan membayar kredit juga membaik, tercermin dari nilai non performing loan (NPL) yang turun dari 19,7% pada 2007, menjadi 4,05% di tahun 2010.

tsa

Editor: | dalam: Ekonomi,Solo |

Bisnis Indonesia

Fatal error: Call to undefined method WP_Error::get_item_quantity() in /home/dotcom/www/solopos/elements/themes/terbaru/widget-bisnis.php on line 8