Kamis, 27 Januari 2011 22:12 WIB Klaten Share :

Warga hijaukan tanggul Dengkeng

Klaten (Espos)–Banjir yang berulangkali menghajar Kecamatan Wedi membuat warga Klaten di wilayah itu gerah. Prihatin atas kondisi tersebut, pemerintah kecamatan setempat bersama warga, Kamis (27/1) kemarin, menggelar aksi reboisasi di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Kali Dengkeng.

Camat Cawas Priharsanto menjelaskan aksi itu dilakukan dengan menanam 1.475 bibit tanaman di tepian sungai yang merupakan anak sungai Bengawan Solo. Bibit yang ditanam beraneka ragam, mulai dari pohon jati, mahoni, jabon hingga tanaman buah-buahan seperti matoa, rambutan, sukun, nangka, bahkan petai.

“Harapan kami, tanaman tersebut bisa menjadi salah satu penahan tanggul yang kini kritis,” katanya kepada Espos, Kamis (27/1).

Lebih jauh dia menjelaskan, selama ini, wilayah Kecamatan Cawas merupakan daerah yang menjadi langganan banjir jika Kali Dengkeng meluap. Desa-desa yang menjadi langganan banjir itu ialah Desa Bawak, Cawas, Balak, Plosowangi, Baran, Tlingsing, Japanan serta Bagor. Kondisi tersebut bahkan nyaris selalu terjadi setiap kali hujan mengguyur. Akibatnya, puluhan hektare tanaman padi rusak, aktivitas sekolah dan perekonomian terhenti.

“Ini benar-benar menyengsarakan warga kami,” terangnya. Menurutnya persoalan kritisnya tanggul Dengkeng sudah kerap disampaikan kepada Pemkab Klaten. Namun karena keterbatasan anggaran, keretakan tanggul belum bisa diperbaiki. Salah seorang warga, Joko Sardjono menjelaskan kondisi tanggul Kali Dengkeng saat ini benar-benar membahayakan. Dengan adanya reboisasi secara massal di sepanjang DAS Kali Dengkeng tersebut, warga menurut dia berharap bencana banjir bisa diantisipasi.

asa

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…