Soloraya
Kamis, 27 Januari 2011 - 02:33 WIB

Pemkab Boyolali mulai ujicoba mobil perpustakaan keliling

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Pemkab Boyolali mulai melakukan ujicoba mobil perpustakaan keliling bantuan dari Perpustakaan Nasional.

Ujicoba itu dilakukan untuk menyosialisasikan adanya perpustakaan keliling kepada masyarakat. Kepala Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi, Nur Indiyah mengatakan bantuan mobil perpustakaan keliling itu rencananya akan menjangkau seluruh kecamatan yang ada di Boyolali, terutama di daerah-daerah terpencil. “Sementara ujicoba itu baru kami lakukan di Kota Boyolali, sembari melakukan sosialisasi adanya mobil perpustakaan keliling,” ujarnya kepada Espos, Rabu (26/1).

Advertisement

Ia mengatakan mobil perpustakaan keliling itu merupakan bantuan pemerintah pusat kepada daerah. Ujicoba itu, jelasnya  akan dilakukan selama sepekan. Sasaran ujicoba itu berada di tempat-tempat fasilitas umum di Kota Boyolali.

Sementara, Kasi Perpustakaan Rifai mengatakan mobil perpustakaan keliling itu memiliki 1.500 koleksi buku. Untuk sementara, jelas Rifai, selama masa ujicoba itu, pihaknya menerapkan sistem baca di tempat. “Alasan kami karena masih keterbatasan buku yang ada. Kalau sudah banyak koleksi buku maka kami akan melakukan sistem pinjaman,” ujarnya. Rifai menjelaskan sasaran mobil perpustakaan keliling itu selain pelajar juga masyarakat umum yang berada di tempat-tempat umum.

fid

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif