Soloraya
Kamis, 27 Januari 2011 - 02:45 WIB

Pembangunan gedung baru Kejari Sukoharjo telan Rp 9 M

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sukoharjo (Espos)–Gedung baru Kejaksaan Negeri (Kejari) Sukoharjo di Jl Jaksa Agung R Soeprapto yang mulai dibangun 2009, kini siap ditempati. Pembangunan gedung berlantai dua tersebut menelan dana APBN senilai kurang lebih Rp 9 miliar.

Kepala Kejari (Kajari) Sukoharjo, Dwi Samudji yang dijumpai Espos di sela-sela peninjauan gedung baru tersebut, Rabu (26/1), mengatakan pihaknya belum mengetahui kapan gedung tersebut bakal diresmikan. Pasalnya, Kejari masih menunggu intruksi dari pihak Kejaksaan Tinggi (Kejari) Jawa Tengah dan Kejaksaan Agung (Kejagung).

Advertisement

Dwi mengatakan, dengan pembangunan gedung baru tersebut, diharapkan seluruh korps adyaksa di Kejari Sukoharjo kinerjanya meningkat. Pasalnya, pekerjaan pegawai Kejari telah didukung dengan sarana dan fasilitas yang memadai.

Kasubag Pembinaan Kejari Sukoharjo yang menjadi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Suripto melanjutkan pendanaan pembangunan kantor baru Kejari Sukoharjo tersebut menggunakan dana APBN selama dua tahap, yakni APBN 2009 dan APBN 2010. Total anggaran tersebut mencapai kurang lebih Rp 9 miliar, dengan rician Rp 2.601.500.000 dari APBN 2009 dan Rp 6,4 miliar dianggarkan pada APBN 2010.

“Pembangunannya sendiri dilakukan mulai April 2009 dan berakhir saat ini. Untuk pembangunan fisik dilakukan rekanan dari PT Garuda Baja Indra (Solo), sedangkan penyediaan sarana dan prasarananya dengan CV Sena Pratama (Solo),” urai Suripto.

Advertisement

Suripto mengatakan, kantor Kejari baru itu terdiri atas sekitar 50 ruang. Ruang itu di antaranya akan dipergunakan untuk Kajari, ruang Kasi dan Kasubag sebanyak kurang lebih lima ruangan, ruang Kasubsi dan staff, perpustakaan, dua ruang aula, serta ruang Adyaksa Darma Karini. Di gedung tersebut juga dilengkapi berbagai fasilitas, seperti air conditioner (AC) dan koneksi internet hot spot.

Selama proses pembangunan sejak April 2009 sampai saat ini, Kejari menggunakan gedung milik Pemkab Sukoharjo yang pernah dipakai untuk Kantor Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPKAD) di Jl Abu Tholib Sastro Kenoyo Nomor 376.

hkt

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif