Kamis, 27 Januari 2011 12:28 WIB Kesehatan Share :

Bangun pagi buat tubuh lebih kuat

Jakarta–Ungkapan lama ‘bangun siang rezeki bisa dipatuk ayam’ sepertinya bisa juga digunakan untuk menggambarkan kondisi kesehatan, karena orang yang terbiasa bangun pagi cenderung memiliki tubuh yang lebih sehat dan kuat.

Tak hanya ungkapan tersebut, Benjamin Franklin seorang penemu dan pemimpin Revolusi Amerika juga pernah menyatakan early to bed and early to rise, makes a man healthy, wealthy and wise (tidur lebih awal dan bangun lebih pagi membuat pria lebih sehat, kaya dan bijaksana).

Selain baik untuk kesehatan, bangun lebih pagi juga membuat orang lebih siap untuk menghadapi rutinitas di pagi hari. Berikut beberapa manfaat dari kebiasaan bangun pagi, seperti dilansir beautynhealthytips4u.com, Kamis (27/1), yaitu:

1. Membuat pikiran lebih segar
Bangun pagi hari pukul 05.00 atau 06.00 sebelum matahari terbit dapat membuat pikiran Anda lebih segar dan bisa mengurangi stres. Kondisi ini membuat tubuh lebih sehat, serta membuat penampilan lebih terlihat cantik dan menarik.

2. Tidak melewatkan waktu sarapan
Sebagian orang melewatkan waktu sarapan karena bangun kesiangan dan terlambat di pagi hari. Melewatkan sarapan sama artinya menabung banyak penyakit, seperti diabetes, obesitas dan jantung. Tidak sarapan juga membuat Anda tidak bertenaga dan bersemangat saat menjalani rutinitas.

3. Dapat melakukan olahraga pagi
Dengan bangun pagi, orang juga memiliki waktu lebih untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, latihan pernapasan, bersepeda, berenang, jogging dan olahraga ringan lainnya.

Olahraga pagi dapat membantu untuk mencapai dan menjaga kesehatan yang baik dan menjaga pikiran menyenangkan dengan mengurangi rasa sakit dan stres. Pikiran yang sehat dan menyenangkan dapat membuat Anda berpikir positif yang pada gilirannya membuat hidup bahagia.

4. Tidak tergesa-gesa dan terburu-buru
Bangun lebih pagi berarti membuat Anda memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan segala sesuatu, termasuk urusan pekerjaan. Bangun kesiangan seringkali membuat orang tergesa-gesa dan terburu-buru, yang pada gilirannya dapat membahayakan kesehatan jantung.

dtc/tiw

lowogan pekerjaan
Supervisor Produksi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…