Rabu, 26 Januari 2011 05:52 WIB Sport Share :

Piala Asia
Hempaskan Uzbekistan 0-6, Australia hadapi Jepang di final

Doha– Australia akan menghadapi Jepang di babak final Piala Asia 2011. Socceroos menggenggam tiket ke partai puncak setelah menghempaska Uzbekistan dengan skor telak 6-0 di semifinal.

Dalam pertandingan di Khalifa International Stadium, Doha, Selasa (25/1), Australia langsung unggul di menit kelima berkat gol Harry Kewell. Di menit ke-34, mereka menggandakan keunggulan setelah Sasa Ognenovski menjebol gawang Uzbekistan.

Di babak kedua, Uzbekistan kehilangan satu pemain setelah Ulugbek Bakaev diganjar kartu merah. Kondisi ini dimanfaatkan Australia yang berhasil melesakkan empat gol tambahan dari kaki David Carney, Brett Emerton, Carl Valeri, dan Robbie Kruse.

Kemenangan telak atas Uzbekistan mengantarkan pasukan Holger Osieck ke partai puncak dan selanjutnya akan menghadapi Jepang. Final akan digelar 29 Januari mendatang di Khalifa International Stadium. Sementara Uzbekistan akan berebut tempat ketiga dengan Korea Selatan di Jassim Bin Hamad Stadium sehari sebelumnya.

Jalannya pertandingan
Australia langsung menggebrak di menit-menit awal. Sebuah umpan silang dari sayap kanan diakhiri dengan sontekan Brett Holman ke gawang Uzbekistan. Temur Juraev masih bisa menepisnya.

Di menit kelima, Socceroos berhasil membuka skor. Memanfaatkan umpan terobosan Matt McKay, sepakan kaki kiri Harry Kewell dari dalam kotak penalti tak mampu dihentikan oleh Juraev.

Uzbekistan mencoba menekan di menit ke-22. Sepakan Server Djeparov dari luar kotak penalti masih mudah diamankan oleh Mark Schwarzer. Empat menit berikutnya, tembakan Odil Akhmedov masih tipis di kiri gawang Schwarzer.

Sebuah solo run yang dilakukan David Carney sempat merepotkan lini belakang Uzbekistan. Sayang penyelesaian akhir Carney masih bisa dimentahkan Juraev.

Australia mencetak gol kedua di menit ke-34. Berawal dari tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Uzbekistan, bola sundulan Tim Cahill jatuh ke kaki Sasa Ognenovski. Dengan sekali sepak, bek bernomor punggung enam itu berhasil mengoyak gawang Juraev.

Babak pertama ditutup dengan keunggulan 2-0 untuk Socceroos.

Australia belum menurunkan tempo permainan di babak kedua. Mereka berpeluang menambah keunggulan di menit ke-54, namun tembakan kaki kiri Robbie Kruse masih mengarah tepat ke pelukan Juraev.

Di menit ke-65, Australia akhirnya unggul 3-0. Dari sebuah serangan balik, bola sodoran McKay berhasil diselesaikan Carney dengan sebuah sepakan kaki kiri yang menggetarkan gawang Uzbekistan.

Uzbekistan punya peluang emas untuk memperkecil ketertinggalannya dua menit kemudian. Namun sepakan jarak dekat Akhmedov masih bisa dimentahkan oleh Schwarzer.

Uzbekistan harus bermain dengan sepuluh pemain di menit ke-69. Ulugbek Bakaev dikartumerah karena mengasari Luke Wilkshire.

Gol keempat Socceroos hadir di menit lima menit berselang. Kembali berawal dari serangan balik, Brett Emerton berhasil memaksimalkan umpan Kruse untuk memaksa Juraev memungut bola dari gawangnya lagi.

Australia mencetak dua gol berturut-turut di menit ke-82 dan 83. Di menit ke-82, sebuah umpan McKay di dalam kotak penalti dicocor Carl Valeri untuk menghasilkan gol kelima. Semenit berikutnya, Kruse melakukan aksi solo run dari tengah lapangan sebelum akhirnya memperdayai Juraev lewat sepakannya dari luar kotak penalti. Detikcom

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi mebel, Drafter, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL DP Murah, Angsuran Ringan! Nego sampai OKE! Yuni – 08562998806 (A00844092017) Terios…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH STRG…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Sekolah Pagesangan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Minggu pagi (17/9) lalu Rumah Banjarsari di kawasan Monumen ’45 Banjarsari, Kota…