Mesir (Reuters)
Rabu, 26 Januari 2011 14:25 WIB Internasional Share :

Mesir dilanda aksi demo, tiga orang tewas

Kairo–Terinspirasi oleh revolusi di Tunisia, ribuan warga Mesir menggelar aksi protes di Kairo dan kota-kota lainnya di Mesir. Mereka menyerukan pengunduran diri Presiden Mesir Hosni Mubarak.

Aksi yang berlangsung sejak Selasa, 25 Januari kemarin itu telah menewaskan setidaknya tiga orang. Demikian seperti diberitakan BBC, Rabu (26/1). Dua demonstran tewas saat terjadi bentrokan antara polisi dan para demonstran di Kota Suez, kemarin. Sedangkan seorang polisi tewas akibat luka-lukanya dalam bentrokan di Kairo.

Para demonstran menyatakan hari Selasa itu sebagai hari revolusi terhadap penyiksaan, kemiskinan, korupsi dan pengangguran. Lebih dari 30 ribu polisi telah dikerahkan ke Kairo untuk menghentikan aksi para demonstran Mesir. Kabarnya ada beberapa orang yang dipukuli polisi.

Di Kairo, polisi menggunakan gas air mata dan meriam air untuk membubarkan massa. Namun para demonstran menyatakan tak akan mundur sampai tuntutan mereka dipenuhi, yang salah satunya adalah pengunduran diri Mubarak.

Aksi protes antipemerintah ini merupakan yang terbesar sejak Mubarak berkuasa tiga dekade silam. Di Kota Alexandria, ribuan orang juga menggelar aksi unjuk rasa. Mereka menyerukan revolusi, revolusi terhadap Mubarak si pengecut.

Menanggapi aksi-aksi demo tersebut, pemerintah AS meminta pemerintah Mesir untuk responsif terhadap aspirasi rakyat Mesir.

Dalam statemennya, Gedung Putih menyatakan Mesir harus mengejar reformasi politik, ekonomi dan sosial yang bisa memperbaiki kehidupan mereka dan membantu kemakmuran Mesir. “AS berkomitmen untuk bekerja sama dengan Mesir dan rakyat Mesir guna mencapai tujuan-tujuan tersebut,” demikian statemen Gedung Putih.

Sebelum aksi demo tersebut, Mubarak yang berkuasa sejak 1981 telah mengingatkan para aktivis Mesir untuk tidak meniru aksi protes gaya Tunisia yang sukses menumbangkan Presiden Zine Al Abdidin Bin Ali.

“Keamanan negara adalah prioritas utama karena dengan itu nasib sebuah negara dan rakyat dipertaruhkan,” tegas Presiden Mubarak seperti dikutip kantor berita Mesir, MENA.

Mubarak pun telah menginstruksikan Menteri Dalam Negeri, Habib Al Adly yang membawahi kepolisian dan Lembaga Keamanan Nasional untuk mengambil tindakan tegas terhadap para pengunjuk rasa yang anarkis.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
SPG COUNTER BATIK & SALES COUNTER CAR RENTAL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…