Soloraya
Rabu, 26 Januari 2011 - 20:34 WIB

Layanan ambulans gratis segera direalisasi

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Layanan antar-jemput dengan ambulans gratis untuk warga miskin bakal direalisasikan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tahun 2011 ini. Menurut rencana, layanan yang dinamakan Ambulans Rakyat tersebut bakal diluncurkan sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-266 Kota Solo bulan Februari mendatang. Hal itu dikemukakan Sekretaris Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Yanti Winoh Lantisah ketika ditemui wartawan di Balaikota Solo, Rabu (26/1).

“Layanan antar-jemput dengan ambulans gratis ini diberikan dengan prosedur tertentu, khusus kepada warga miskin di Kota Solo, yang dibuktikan dengan rekomendasi atau keterangan dari kelurahan setempat,” terang Yanti. Yanti menyebutkan DKK menyiapkan ambulans tersebut di empat Puskesmas rawat inap di Solo, yakni di Puskesmas Pajang, Puskesmas Sibela, Puskesmas Banyuanyar dan Puskesmas Gajahan. Hal itu, menurut Yanti, sekaligus sebagai upaya mempromosikan keberadaan dan layanan di masing-masing Puskesmas rawat inap tersebut.

Advertisement

“Namun layanan antar-jemput dengan ambulans gratis ini tidak hanya untuk warga di empat kelurahan tersebut. Semua warga boleh mengakses, dengan rujukan dari masing-masing kelurahan tempat warga tersebut berdomisili,” katanya. Lebih lanjut Yanti menjelaskan dengan layanan ambulans rakyat tersebut, petugas akan menjemput warga kurang mampu yang sakit untuk diantarkan ke Puskesmas rawat inap terdekat untuk mendapatkan pertolongan. Namun jika memang perlu rujukan ke rumah sakit, ambulances juga siap mengantarkannya.

sry

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif