Rabu, 26 Januari 2011 - 09:33 WIB

Cek pengklaim crop circle, UGM kirim SMS ke mahasiswa MIPA

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jogjakarta–Universitas Gadjah Mada saat ini tengah melacak mahasiswa pengklaim pembuat crop circle di Berbah, Sleman. Caranya adalah dengan mengirim SMS karena saat ini sedang musim libur.

“Tidak bisa langsung dikroscek ke mahasiswa, karena sedang libur. Namun ketua jurusan di MIPA telah meng-SMS semua mahasiwanya angkatan 2008 dan semuanya membalas tidak (bukan pelaku),” ujar Kepala Humas UGM, Suryo Baskoro, saat dihubungi, Rabu (26/1) pagi.

Advertisement

Suryo menjelaskan, sejak awal tahun ini, UGM sedang berada dalam libur akademis sampai akhir Januari. Pelacakan mahasiswa baru bisa dilakukan ketika libur kuliah sudah berakhir. “Awal Februari sudah masuk, ada pengisian KRS. Bisa mulai intensif pada saat itu,” papar Suryo.

Sebelumnya, muncul tulisan Terungkap Circle crop Sleman Kerjaan 6 Mahasiswa (UGM) di internet. Tulisan itu menceritakan bahwa  enam mahasiswa UGM angkatan 2008, terlibat dalam pembuatan crop circle untuk mengisi liburan. Menurut sang penulis, mahasiswa UGM itu berasal dari Sains Matematika dan Pertanian MIPA. Penulis menuliskan, saat chatting lewat Facebook, salah seorang dari mahasiswa mengaku bahwa merekalah yang membuat crop circle itu.

Untuk meyakinkan pembaca, penulis menjelaskan secara singkat bagaimana para mahasiswa itu membuat crop circle itu. Mahasiswa membuat crop circle dengan memakai pembajak sawah yang beroda. “Lihat saja padi yang mereka gilas jatuhnya searah. Menurut mahasiswa berambut cepak dan berkacamata ini (maaf kalau ditulis ya bro ciri-cirinya), pembuatannya sangat rumit, mereka merancang dengan baik-baik menggunakan desain dan ilmu hitung Matematika dengan sangat teliti,” tulisnya.

Advertisement

Banyak yang menyebut informasi itu sebagai hoax karena tidak diikuti fakta. Sementara, mantan Menristek Prof Zuhal berpendapat, “Kalau yang melakukan mahasiswa matematika itu lebih mungkin, logis dan inovatif.”

Sedangkan temuan tim LAPAN menyimpulkan pola lingkaran misterius itu adalah karya manusia. Tandanya, ada lubang di tengah pola lingkaran yang merupakan pusat desain.

dtc/tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Crop Circle
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif