Selasa, 25 Januari 2011 20:34 WIB Ekonomi Share :

Securities hati-hati jual saham Garuda

Solo (Espos)–Kalangan securities mengaku berhati-hati dalam menjual saham Garuda Indonesia yang rencananya mulai dilempar ke bursa, Jumat (11/2) mendatang.

Maskapai penerbangan Tanah Air tersebut diinfokan bakal menawarkan 9,3 miliar lembar saham atau senilai 36,48%. Harga per lembar saham belum diumumkan, namun kalangan securities menduga saham Garuda bakal dilepas senilai Rp 750 hingga Rp 1.100/lembar.

Manager Tri Megah Securities Cabang Solo dan Jogjakarta, Edwin Jayandaru, mengatakan sikap hati-hati pihaknya diwujudkan dengan hanya mengajukan kuota terbatas untuk menawarkan saham Garuda. Edwin menyebut, pihaknya berencana mengajukan kuota senilai Rp 3 miliar. “Kami hati-hati, karena Garuda adalah sektor baru di saham. Kami duga ketertarikan investor di Solo akan rendah,” ungkap dia, saat dijumpai wartawan, di ruang kerjanya, Selasa (25/1).

Edwin menerangkan, Garuda di mata masyarakat Indonesia sebenarnya telah punya nama, lantaran dikenal sebagai maskapai penerbangan pertama dan berpengalaman selama 60 tahun. Namun, Edwin menilai, investor akan mempertimbangkan banyak hal, salah satunya fakta bahwa penawaran kali ini adalah penawaran perdana Garuda di pasar saham.

Di luar itu, berdasarkan data laporan keuangan dilaporkan terjadi penurunan pendapatan bersih atau net income dari Rp 570 miliar pada posisi 30 September 2009 menjadi Rp 194 miliar pada periode yang sama tahun 2010. “Saya kurang tahu apa penyebabnya, tapi dari data keuangan mereka, sebenarnya revenue naik. Tapi ada operating lost yang tinggi, sehingga net income turun. Harapan investor tentunya tidak ada operating lost di 2011,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Kepala Danareksa Cabang Solo, Yulius Kurniawan. Menurut Yulius, sampai saat ini pihaknya belum mengajukan permintaan jatah saham Garuda. Dia memastikan permintaan akan dilakukan, setelah pihaknya juga menerima permintaan dari calon investor. Yulius mengaku bersikap hati-hati dengan menunggu kepastian harga yang dilepas per lembar saham, sembari menunggu permintaan. “Prinsipnya kami tidak membatasi, minta berapa pun silakan. Yang jelas, investor bisa meminta dua kali dari modal yangdi miliki,” jelas Yulius.

tsa

lowongan pekerjaan
SPG COUNTER BATIK & SALES COUNTER CAR RENTAL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…