News
Selasa, 25 Januari 2011 - 02:34 WIB

Peserta UNPK hasil konversi di Solo tunggu ijazah

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Peserta UNPK hasil konversi di Solo tunggu ijazah

Solo (Espos)–Sebanyak 40 peserta Ujian Nasional Program Kesetaraan (UNPK) Paket B yang nilainya dikonversi, dinyatakan lulus oleh pemerintah. Saat ini siswa tersebut sedang menunggu terbitnya ijazah program Kejar Paket B.

Advertisement

Kasi Kesetaraan, Keaksaraan dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Bidang Pendidikan Nonformal Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Waliyono, mengungkapkan ijazah belum dikirim dari Provinsi Jawa Tengah. “Tapi sebagaimana pengalaman sebelumnya, kemungkinan ijazah UNPK sudah bisa diambil satu bulan setelah pengumuman,” jelasnya saat ditemui Espos di ruang kerjanya, Senin (24/1).

Ia menguraikan jika mengacu peraturan, nilai UNPK bisa dikonversi atau diambil yang terbaik. Artinya jika pada saat mengikuti UNPK tahap I ada mata pelajaran (Mapel) yang nilainya tidak memenuhi standar sehingga siswa tersebut tidak lulus, tapi ketika mengikuti UNPK tahap II nilai Mapel itu memenuhi standar dan justru nilai Mapel lain yang saat UNPK tahap I lulus menjadi tidak lulus, nilainya bisa dikonversi.

“Pada UNPK tahap II lalu, ada 45 peserta Kejar Paket B yang tidak lulus. Setelah diteliti, ada 40 siswa yang nilainya bisa dikonversi. Lalu Disdikpora Solo mengajukan konversi bagi siswa tersebut kepada pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Setelah diproses, pada 14 Januari kemarin sudah ada tanggapan dan dinyatakan lulus,” jelasnya.

Advertisement

Sementara lima siswa lainnya, kata Waliyono, tetap tidak lulus karena nilainya tidak bisa dikonversi. Ia juga mengaku belum mengetahui perihal lima siswa tersebut. Apakah saat ini melanjutkan sekolah, memilih kembali ke SMP atau justru tidak melanjutkan sekolah.

Kebanyakan siswa, ujarnya, tidak mendapatkan nilai yang memenuhi standar kelulusan pada Mapel Bahasa Inggris dan Matematika. Setelah dinyatakan lulus, siswa tersebut berhak mendapatkan Surat Keterangan lulus (SKL) agar bisa segera difotokopi untuk diserahkan ke sekolah. “Kalau ijazah nanti sudah siap, akan segera dibagi,” katanya.

ewt

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : UNPK Hasil Konversi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif