Selasa, 25 Januari 2011 16:29 WIB Pendidikan Share :

Penipuan dengan dalih dana pendidikan kembali marak

Solo (Espos)–Penipuan dana pendidikan atas nama Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo dan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah kembali marak. Oleh karena itu guru, sekolah, dosen dan pensiunan diminta waspada.

Ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (25/1), Kepala Disdikpora Solo, Rakhmat Sutomo, mengatakan berdasarkan surat dari Dinas Pendidikan Jawa Tengah Nomor 359/00240 tanggal 10 Januari 2011, disinyalir saat ini banyak terjadi penipuan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab mengatasnamakan pejabat di lingkungan pendidikan.

Sesuai laporan, katanya, sasaran dan korban penipuan pada umumnya adalah Kasek/guru, dosen dan pengelola satuan pendidikan baik negeri maupun swasta di semua jenjang pendidikan. Modus penipuan pada umumnya menginformasikan seolah-olah korban akan menerima sejumlah dana pendidikan tetapi harus menyetor uang terlebih dahulu pada rekening bank yang ditentukan pelaku. “Modus tersebut biasanya dilakukan melalui handphone dengan nomor prabayar. Penipu mengirimkan short message service (SMS), telepon langsung, ada juga yang menggunakan surat tertulis,” terangnya.

Rakhmat menegaskan tidak ada model pemberian atau pencairan bantuan dengan pemberitahuan melalui telepon atau SMS. Semuanya dilakukan menggunakan surat resmi. Demikian halnya soal seseorang yang mengaku wartawan lalu menjanjikan bisa menginformasikan suatu hal dengan meminta imbalan, Rakhmat meminta orang tersebut tidak usah dilayani.

ewt

PERSONALIA, ADMIN, QUALITY CONTROL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Harga Tertentu Beras Tertentu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (7/8/2017). Esai ini karya Feriana Dwi Kurniawati, Kepala Seksi Usaha Tani dan Pengolahan Hasil Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah feriana_dk@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Pemerintah telah mengumumkan mulai…