News
Senin, 24 Januari 2011 - 12:01 WIB

Yakin crop circle buatan manusia, LAPAN tak akan kirim tim peneliti ke Sleman

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta — Para ahli meyakini crop circle di persawahan Dusun Jogomangsan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, DIY, adalah karya manusia. Karena itulah Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tidak akan mengirimkan tim untuk meneliti.

“Kita tidak akan mengirim tim dan meneliti ke sana (Sleman) karena itu bukan fenomena antariksa dan fenomena alam. Dugaan kuat kita itu rekayasa manusia,” ujar Profesor Riset Astronomi LAPAN, Thomas Djamaluddin, kepada detikcom, Senin (24/1) siang.

Advertisement

Crop circle yang terbentuk di persawahan milik Ngadiran dkk, dianggap tidak menunjukkan hal-hal aneh. Pola yang terlihat memang seperti karya manusia.

“Itu rapi sekali, polanya seperti dibuat,” katanya.

Thomas menceritakan, di Inggris crop circle yang ada sebagian besar adalah buatan manusia. Karena  memang sepengetahuan dia, membuat sebuah crop circle itu bukanlah hal yang terlalu sulit jika memang sudah terampil.

Advertisement

“Seperti di Inggris akhirnya si pembuat mengakuinya. Karena memang secara astronomi, UFO itu tidak dikenal sebagai makhluk antariksa. UFO itu kan cenderung hanya sebuah fiksi,” jelas Thomas.

Crop circle ini menghebohkan masyarakat Dusun Jogomangsan, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, DIY, sejak Minggu (23/1) kemarin. Mereka heran melihat lingkaran simetris di sawah milik Ngadiran dkk, padahal lingkaran itu belum ada pada hari sebelumnya.

Lingkaran itu terbentuk karena posisi padi rebah berputar ke arah kanan. Padi yang masih berdiri setinggi sekitar 60-70 cm, sedangkan yang rebah setinggi sekitar 50 cm. Polisi mengamankan TKP agar tidak rusak, karena dua pekan lagi padi di sawah 7 petak itu akan dipanen. Detikcom

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Crop Circle
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif