Senin, 24 Januari 2011 15:47 WIB Sukoharjo Share :

Puluhan lapak PKL di Sukoharjo dibongkar Satpol PP

Sukoharjo (Espos)–Petugas Satpol PP melakukan penertiban pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang JL Jendral Soedirman dan Pasar Sukoharjo, Senin (24/1).  Dalam penertiban itu, puluhan lapak PKL berhasil dibongkar.

Pantuan Espos di lapangan, sebanyak 15 petugas Satpol PP memulai penertiban PKL di Jl Jendral Soedirman yang terletak di sekitar Kantor Bank Jateng Sukoharjo hingga depan Pasar Sukoharjo. Di lokasi tersebut, petugas Satpol PP membongkar sejumlah lapak semi permanen milik pedagang, tukang tambal ban, serta pedagang klitikan. Selanjutnya Satpol PP meneruskan aksi penertiban ke bagian selatan Masjid Agung Baiturahman. Di lokasi tersebut, sebanyak sembilan lapak PKL dibongkar.

“Dua pekan sebelum penertiban ini, kami sudah memberikan peringatan kepada pedagang. Sebagai contoh yang di selatan Mesjid Agung ini, sudah kami coba peringatkan, tapi masih banyak yang membandel,” tegas Kasi Ketentraman dan Ketertiban (Tantrib) Satpol PP Sukoharjo, Sunarto mewakili Kepala Satpol PP Sukoharjo, FX Rita Adriyatno saat dijumpai wartawan di sela-sela penertiban.

Sunarto menambahkan, penertiban tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut penegakan Perda nomor 1/2007 tentang Pengaturan dan Pembinaan PKL. Penertiban ini dilakukan berbarengan dengan persiapan Kabupaten Sukoharjo dalam penilaian Adipura. “Sebanyak 50 PKL kami berikan undangan agar ikut sosialiasi persiapan Adipura pada Rabu (26/1). Sebagian PKL tadi, khususnya pedagang klitikan kami arahkan di tempat-tempat tertentu, karena memang Sukoharjo belum punya lokasi khusus untuk klitikan,” urai Sunarto.

Sementara Ketua Himpunan Pedagang Pasar Sukoharjo, Fajar Purwanto mengaku siap mendukung upaya Pemkab dalam menata pasar dalam mempersiapkan penilaian Adipura.

hkt

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…