Soloraya
Senin, 24 Januari 2011 - 15:35 WIB

Persiapan E-KTP, NIK penduduk Solo mulai dibagikan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solo mulai mendistribusikan nomor induk kependudukan (NIK) ke kelurahan-kelurahan yang tersebar di Kota Bengawan.

Pembagian NIK itu terkait persiapan realisasi implementasi elektronik kartu tanda penduduk (KTP) atau E-KTP yang direncanakan tahun 2011 ini. Kepala Disdukcapil Kota Solo, Mamiek Miftahul Hadi mengemukakan pendistribusian  mulai dilakukan pekan lalu. “Saat ini memang belum semua kelurahan, tapi pendistribusiannya masih berjalan. Sehingga kalau saat ini masih ada yang belum memperoleh NIK tersebut, bisa segera melapor ke Disdukcapil,” ungkap Mamiek ketika ditemui wartawan seusai mengikuti rapat antar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Balaikota Solo, Senin (24/1).

Advertisement

Mamiek menyebutkan NIK tersebut dibagikan kepada sekitar 154.000 KK, menyusul pemutakhiran data penduduk yang telah selesai dilakukan pada akhir tahun 2010 lalu. Saat disinggung tentang realisasi implementasi E-KTP, Mamiek mengatakan saat ini Pemkot masih menunggu kepastian dari pemerintah pusat terkait pembinaan teknis realisasi program tersebut.

Lebih lanjut Mamiek menjelaskan pelaksanaan E-KTP ini adalah sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 26/2009 tentang penerapan KTP Nomor Induk Kependudukan (NIK) secara nasional. Dengan E-KTP, tambahnya, maka setiap warga hanya memiliki KTP tunggal, karena selama ini banyak warga yang memiliki KTP ganda.

sry

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : E-KTP
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif