Drajat Tri Kartono
Senin, 24 Januari 2011 23:14 WIB Solo Share :

Aparat harus tindak pasangan mesum

Solo (Espos)–Sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Drajat Trikartono, menilai fenomena pacaran menjurus mesum di ruang publik di Kota Solo harus ditindak tegas oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dan kepolisian.

Pendapat itu dia kemukakan kepada Espos, Senin (24/1), menanggapi fenomena pacaran pasangan muda-mudi di ruang publik di Kota Solo. Selain penegakan hukum, menurutnya perlu kontrol sosial kuat dari masyarakat Kota Bengawan.

“Kalau sekadar duduk-duduk dan berbicara ya tidak apa-apa. Tapi kalau sampai melakukan hubungan privat seperti berpelukan dan berciuman tentu tidak benar karena melanggar norma sosial dan kepatutan,” ujarnya.

Lebih lanjut Drajat menjelaskan tiga alasan pasangan muda-mudi berpacaran menjurus mesum di tempat umum. Pertama, longgarnya norma dan kontrol sosial terhadap pelaku pacaran. Seharusnya masyarakat tegas menegur dan melarang pelaku pacaran di tempat umum, apalagi sampai menjurus mesum. Alasan kedua, adanya perilaku seks bebas yang mulai terbuka di lingkungan pemuda. Pola perilaku tersebut belum bisa dikontrol masyarakat. Alasan ketiga, budaya dan pemanfaatan ruang publik belum diarahkan ke fungsi-fungsi produktif seperti diskusi atau temu publik.

Pemkot Solo memikul tanggung jawab untuk mendorong pemanfaatan ruang publik yang sejauh ini justru dimanfaatkan untuk tempat pacaran muda-mudi. “Seharusnya tidak semata-mata ruang publik, melainkan public sphere, yaitu ruang publik bukan dalam arti fisik, tapi ruang pertukaran dan pertemuan pemikiran untuk kepentingan dan penyelesaian masalah publik,” terang dia.

kur

lowongan pekerjaan
DESIGN GRAFIS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…