Minggu, 23 Januari 2011 22:39 WIB News Share :

Penataan Malioboro masih menunggu

Jogja (Espos)–Penataan kawasan Malioboro secara menyeluruh tampaknya tidak akan terjadi dalam waktu dekat.  Pasalnya, Pemkot Jogja saat ini tengah membahas penataan sentral perekonomian Jogja itu dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Diharapkan, perumusan dan pembahasan itu selesai 2011. Padahal sebelumnya, kalangan pengusaha Jogja yang tergabung dalam Jogja Investment Forum (JIF) meminta percepatan penataan Kawasan Inti Malioboro.

JIF mendesak Pemkot Jogja segera menyusun tata ruang wilayah dan penyediaan infrastruktur. Konsep penataan Malioboro adalah mengembalikan roh Jogja yang bersinergi dengan teknologi. Kepala Bappeda Kota Jogja, Amman Yuriadijaya mengaku belum bisa bicara banyak mengenai rencana Pemerintah Kota Jogja terhadap kawasan Malioboro, sebagaimana desakan dari pengusaha yang tergabung dalam JIF.

”Sampai saat ini masih dalam tahap pembahasan mengenai teknis, finansial, sosial dan hukumnya dengan Bappenas. Sampai proses ini selesai rasanya tidak etis saya menyampaikan draf penataannya,” kata Amman, akhir pekan lalu. Perumusan dan pembahasan ini kata Amman, baru akan selesai pada akhir 2011. Mengenai kapan dimulainya pengerjaan penataan Malioboro dikatakan Amman juga akan dibahas dalam perencanaan tersebut. Sejumlah permasalahan yang perlu mendapatkan perhatian di kawasan Malioboro adalah masalah parkir dan lalu lintas.

Sekretaris Komisi C DPRD Kota Jogja, Suwarto mengatakan sterilisasi Jalan Malioboro dari kendaraan roda dua dan roda empat harus mulai diujicobakan. ”Selama ini yang paling menjadi trouble di sana kan lalu lintas dan tempat parkir,” kata Suwarto, akhir pekan lalu. Dengan tidak adanya kendaraan yang melintas dan parkir, penataan pedagang dan komunitas lain yang ada di Malioboro diharapkan juga bisa menjadi lebih baik.

JIBI/Harian Jogja/ani

lowongan pekrjaan
TENAGA ADM KONVEKSI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO — Kementerian Riset Teknologi dan…