Sabtu, 22 Januari 2011 08:43 WIB Sport Share :

Roma menyerah upayakan gelar F1

Roma--Roma akhirnya menyerah dalam upayanya menggelar balapan Formula 1. Bukan karena banyak aral yang menghalangi namun juga karena Roma ingin fokus agar dapat menjadi tuan rumah Olimpiade.

Seperti diberitakan sebelumnya, Roma amat bernafsu untuk menggelar balap jalan. Roma ingin ada dua seri di Italia di mana satu seri adalah di Monza yang telah menggelar F1 dimulai tahun 1950. Namun harapan itu kandas setelah sang supremo Bernie Eccelstone secara tegas menolaknya. Ia menyurati walikota Roma dan menyatakan bahwa satu negara cuma diperbolehkan menggelar satu race saja.

Tentangan itu bukan hanya datang dari Ecclestone. Namun juga mayoritas warga Roma yang menolak ide tersebut terlihat dari hasil jajak pendapat. Akan tetapi agaknya Roma terus ngotot memperjuangkan mimpinya itu. Namun kini tampaknya Roma mengindikasikan untuk menyerah dan fokus untuk menggelar Olimpiade.

“Kami secara resmi dan pasti menyerah dalam upaya menggelar F1 di Roma,” ujar walikotanya, Gianni Alemanno kepada La Stampa dikutip Autosport seperti diwartakan detikSport, Sabtu (22/1).

“Gerakan ini mewakili sebuah langkah mundur karena kami selalu mengatakan kita harus melakukannya, seharusnya FIA telah mengajukan alternatif di antara Roma dan Monza.

“Bagaimana pun juga, kami punya mimpi untuk menggelar Olimpiade dan itu masih ada; jadi kami jelaskan kepada Italia dan dunia bahwa kami ingin mementaskan pesta olahraga itu di Roma,” paparnya.

Tuan rumah dua Olimpiade ke depan sudah ditentukan yakni London 2012 dan Rio de Janeiro 2016. Roma berkesempatan untuk mencalonkan diri menggelar Olimpade 2020 dimana tuan rumah akan diputuskan pada 2013.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…