Sabtu, 22 Januari 2011 14:09 WIB News Share :

Komjen Ito
Susno mau cari sensasi apalagi?

Jakarta–Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Ito Sumardi menilai aneh pernyataan Susno Duadji melalui Indonesia Police Watch (IPW) kalau dirinya membelokkan kasus Gayus. Ito menilai ucapan Susno itu harus dibuktikan dengan data, jangan sembarang ucap.

“Saya tidak ingin meladeni. Susno mau cari sensasi apalagi?” kata Ito saat dihubungi, Sabtu (22/1).

Ito justru menuding balik Susno. Kasus Rp 28 miliar terkait kasus Gayus, sama sekali tidak pernah disentuh Susno. Di saat dirinyalah Gayus mulai disidik. “Pertanyaannya mengapa saat itu yan bersangkutan tidak memprosesnya. Kalau betul ada data-data itu, silakan saja dibuka ke publik, tapi harus benar-benar ada data dan bukti yang valid,” tutupnya.

Di balik jeruji penjara, eks Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji melontarkan serangan terkait kasus kepemilikan uang Rp 28 miliar oleh Gayus Tambunan. Susno menuding Kabareskrim Komjen Pol Ito Sumardi membelokkan kasus itu.

Penasihat Indonesia Police Watch (IPW), Johnson Panjaitan, mengatakan Susno siap memberikan keterangan dan di-BAP terkait kasus Gayus Rp 28 miliar.

“Pak Susno ingin memberikan keterangan untuk kasus ini karena banyak pembelokan yang sekarang dilakukan oleh Ito Sumardi dan dulu dilakukan oleh tim independen yang dipimpin Mathius Salempang,” kata Johnson usai bertemu Susno di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Sabtu.

Dikatakan dia, Susno mengatakan 149 perusahaan yang bermasalah itu sudah diperiksa saat Susno menjabat menjadi Kabareskrim. Perusahaan wajib pajak itu diperiksa sejak Maret hingga April tahun 2009 lalu. “Bukan seperti pengakuan Pak Ito yang baru dilakukan kemarin. Pak Susno sudah lama menyidik itu,” ujar Johnson.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…