News
Sabtu, 22 Januari 2011 - 11:25 WIB

Cirus diduga dilindungi karena pegang rahasia besar

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Meski ditengarai memiliki kaitan dengan kasus Gayus Tambunan, Jaksa Cirus Sinaga sampai saat ini masih berstatus sebagai saksi. Bukan tanpa alasan, Cirus dinilai memegang rahasia besar sehingga dilindungi oleh lembaga penegak hukum.

“Cirus harus menjadi prioritas. Kuncinya di sana. Dia ini sepertinya memegang rahasia besar,” ujar Wakil Koordinator ICW, Emerson Yuntho dalam diskusi Polemik di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (22/1).

Advertisement

Emerson mengatakan keberanian kepolisian untuk membongkar seberapa besar keterlibatan Cirus dan rahasia apa yang dipegangnya tengah diuji. Emerson juga khawatir rahasia besar yang dipegang Cirus dapat menjadi proses tawar menawar antara elit politik maupun lembaga hukum  dalam pengusutan kasus ini.

“Saya khawatir ini membuat adanya proses bargaining. Dari kasus Gayus ini bisa meloncat ke Antasari. Harusnya kan kasus-kasus yang lain juga dapat diusut,” ujarnya.

Cirus Sinaga hingga saat ini masih berstatus sebagai jaksa, hingga ada perkembangan dalam penyelidikan Kepolisian terkait kasus dugaan pemalsuan rencana tuntutan Gayus Tambunan. Jika nantinya Cirus dinyatakan sebagai tersangka dan ditahan oleh Polri, maka Kejaksaan Agung (Kejagung) akan menonaktifkannya sebagai jaksa.

Advertisement

Seperti diketahui Kejagung telah melaporkan jaksa Cirus Sinaga dan Haposan Hutagalung atas dugaan pemalsuan surat terkait rentut Gayus Tambunan. Mereka diduga melanggar pasal 263 KUHP dan terancam hukuman 6 tahun penjara. Beberapa waktu yanglalu, Cirus menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus ini di Bareskrim Mabes Polri.

Sebelumnya, Gayus menuding Polri tidak berani mengusut Jaksa Cirus Sinaga karena takut rekayasa kasus Antasari Azhar terbongkar. Hal itu disampaikan Gayus usai sidang vonis terhadap dirinya di PN Jakarta Selatan.

dtc/tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Cirus Sinaga
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif