Jumat, 21 Januari 2011 09:57 WIB Pendidikan Share :

Tiga PTN Indonesia tempati 100 besar ranking dunia

Jakarta–Tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia berhasil menempati ranking 100 besar dunia dalam pemeringkatan Repositori Institusional periode Januari 2011 versi webometrics. Ketiga PTN itu adalah Institut Teknologi Sepuloh November (ITS) Surabaya, Universitas Diponegoro (UNDIP) dan Universitas Sumatra Utara (USU).

ITS menempati urutan ke 64, Undip di urutan 70 sedangkan USU berada pada urutan 91. Undip turun peringkat dari yang semula menduduki urutan no 49 pada Juli 2010, kini hanya menempati urutan 70. ITS berhasil menyalip UNDIP dan mengalami kenaikan signifikan. Dari yang semula bertengger di urutan 227 pada Juli 2010, kini ITS berhasil nangkring di posisi 64.

Pemeringkatan yang dilakukan Webometrics untuk Repositori Institusi ini bertujuan  mengukur komitmen pergurauan tinggi dalam memberikan akses masyarakat terhadap penelitian-penelitian yang telah dilakukan.

Publikasi tersebut bisa dalam bentuk jurnal ilmiah, thesis, disertasi maupun skripsi. Ini penting karena masyarakat membutuhkan akses informasi terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Repositori Institusuonal merupakan pemeringkatan yang dilakukan oleh webometrics dengan mengacu berdasarkan pada empat kriteria yakni, size (jumlah halaman yang tertangkap situs pencarian), visibility (dilihat dari jumlah backlink), rich files (jumlah file dokumen) serta scholar (jumlah paper dan sitasi di Google Scholar).

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT. SEJAHTERA MOTOR GEMILANG, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…