Jumat, 21 Januari 2011 19:21 WIB News Share :

Sungai berhulu di Merapi dipasangi kamera

Magelang–Sebanyak empat aliran sungai berhulu di Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Magelang dipasang kamera pemantau banjir lahar dingin. Petugas Pos Pengamatan Gunung Merapi Ngepos, Kecamatan Srumbung, Retijono di Magelang, Jumat (21/1), menyebutkan kamera tersebut di pasang di alur Sungai Putih, Sungai Batang, Sungai Senowo, dan Sungai Lamat.

“Pemasangan tersebut telah dilakukan sejak pekan lalu oleh petugas Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta dan sekarang masih dalam proses penyempurnaan,” katanya. Ia mengatakan, dengan pemasangan kamera tersebut jika terjadi banjir di empat aliran sungai itu dapat dipantau dari pos ini, karena gambar hasil tangkapan kamera dipancarkan dan bisa dipantau melalui layar komputer di sini.

“Selain di Pos Srumbung, kondisi di empat aliran sungai itu bisa dipantau dari BPPTK Jogja,” katanya. Ia menambahkan, pemasangan kamera tersebut bertujuan untuk memudahkan pemantauan saat terjadi banjir sehingga dapat segera diinformasikan ke masyarakat di daerah hilir. Selama ini, katanya, masyarakat selalu berkomunikasi dengan petugas Pos Srumbung, sejak terjadi erupsi Merapi hingga sekarang terkait dengan banjir lahar dingin Merapi.

Ant

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…