Jumat, 21 Januari 2011 23:05 WIB Klaten Share :

Proyek DAK Pendidikan menyimpang

Klaten (Espos)–Sejumlah proyek fisik peningkatan mutu pendidikan yang dibiayai dengan dana alokasi khusus (DAK) 2010 di Kabupaten Klaten diketahui menyimpang dari rencana anggaran biaya (RAB).

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Klaten, Nurcholis Madjid, Jumat (21/1), mengungkapkan berdasarkan hasil inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukan komisinya ke beberapa sekolah penerima DAK ditemukan ketidaksesuaian dengan RAB. “Ada pintu yang harusnya dari kayu tapi dibuat dari tripleks.”

Di sekolah lain, jelasnya, ditemukan pula proyek yang baru selesai 80% tapi sudah diserahkan oleh rekanan. Padahal seharusnya proyek diserahkan dalam kondisi 99% rampung sehingga tinggal dilanjutkan masa pemeliharaan. Nurcholis mengatakan temuan itu telah dikoordinasikan dengan Disdik supaya dilakukan tindakan. Anggota Komisi IV Mulyono mempertanyakan kenapa Disdik mau menerima proyek yang hasilnya tidak sesuai RAB.

“Tak hanya fisik, pengadaan mebel di sejumlah sekolah ditengarai berkualitas buruk dan tidak sesuai dengan spesifikasi.” Menurutnya, Disdik telah dimintai kesanggupan untuk memanggil semua rekanan dan membenahi proyek sesuai RAB. Jika perlu, tandas Mulyono, sanksi diberlakukan pada rekanan yang bandel dengan mencoret mereka pada lelang DAK tahun berikutnya. Menurutnya, DAK senilai total Rp 11 miliar itu harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat dengan baik supaya tak timbul masalah di kemudian hari. Kepala Disdik Klaten, Sunardi mengakui masih ada beberapa proyek DAK Pendidikan yang perlu penyempurnaan. “Sudah dicek dan pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) sudah memanggil rekanan untuk memperbaiki yang belum sesuai RAB. Apapun alasannya kami minta dibenahi,” jelasnya.

rei

lowongan kerja
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…