Jumat, 21 Januari 2011 00:10 WIB Karanganyar Share :

Pemkab diminta proaktif perbaiki jalan

Karanganyar (Espos)–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar diminta untuk lebih proaktif dalam penanganan kerusakan jalan. Apalagi, dana untuk perbaikan jalan di beberapa titik di Bumi Intanpari sangat minim. Wakil Ketua DPRD Karanganyar, Juliyatmono menilai, Pemkab harus proaktif meminta bantuan kepada pemerintah pusat maupun provinsi guna perbaikan jalan. Pasalnya, dana APBD kabupaten tidak cukup untuk mendanai perbaikan jalan yang mencapai lebih kurang 500 kilometer.

“Kami akui biaya perbaikan jalan ini tidak sedikit. Tapi kalau Pemkab mau secara proaktif meminta bantuan ke pusat, kesempatan itu masih ada,” kata Juliyatmono kepada Espos, Senin (17/1) siang. Saat ini, lanjut Juliyatmono, APBN 2011 memang sudah ditetapkan. Tapi, Pemkab bisa meminta dana perbaikan jalan ke Kementerian terkait. “Jika di pos Kementerian tidak memungkinkan untuk mendapatkan, pada pertengahan 2011 nanti bisa diusulkan dalam APBD-Perubahan,” jelasnya. Jika Pemkab tidak proaktif, terang Juliyatmono, jangan harap akan ada perbaikan jalan di Karanganyar. Sebab tidak bisa dipungkiri, perbaikan jalan itu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Karanganyar, Purwadi mengatakan, untuk jalan protokol yang rusak berat nantinya akan diperbaiki melalui dana alokasi khusus (DAK) APBN 2011. Namun, dana DAK tersebut juga tidak terlalu besar jumlahnya. Selain itu, ada juga dana perbaikan jalan rusak, yang disebabkan oleh bencana alam. “Saat ini sedang dalam tahap lelang untuk 15 kegiatan perbaikan jalan,” katanya.

Namun, lanjut Purwadi, secara keseluruhan biaya perbaikan jalan di Karanganyar ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

fas

LOWONGAN PEKERJAAN
PT. SEMBADA AGUNG PRATAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Elite Oligarki dalam Demokrasi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (6/12/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Dari manakah asal elite politik Indonesia pascareformasi ini? Sejak awal masa reformasi elite…