Soloraya
Jumat, 21 Januari 2011 - 16:00 WIB

DKK Solo: Waspadai makanan di sekaten

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Jajaran Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo mengindikasi adanya pemakaian zat berbahaya pada makanan yang dijajakan saat perayaan Sekaten Solo 2011. Sejumlah indikasi seperti pemakaian zat pewarna kain rhodamin B pada arum manis dan zat pengawet borak pada bakso.

Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih saat menghadiri kampanye HIV/ AIDS di Joglo Sriwedari mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dengan makanan yang dijajakan di sekaten. “Dari indikasi itu, maka kita sudah menerjunkan tim untuk mengambil sample makanan dan minuman yang diduga mengandung zat berbahaya,” katanya, Jumat (21/1).

Advertisement

Hasil pemeriksaan itu akan menjadi acuan pihak dinas untuk lebih giat memberikan penyuluhan bagi pedagang. Ia memaparkan ciri makanan yang mengandung zat berbahaya seperti terlihat pada warna yang terang. Demikian juga pada kondisi fisik bakso yang keras dan tahan lama. “Kalau arum manis jelas sangat terang. Warga perlu tahu itu dan menjauhi,” paparnya.

Pihaknya bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Solo untuk turut melakukan pemeriksaan secara acak terhadap para pedagang. “Porsi kami adalah dua hal, untuk memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat mengenai zat
berbahaya dan juga membina para pedagang,” jelasnya.

aha

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : DKK Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif