Kamis, 20 Januari 2011 12:06 WIB Ekonomi Share :

Mulai besok 30 komoditas pangan bebas bea masuk

Jakarta–Pemerintah memastikan akan menghapus bea masuk impor 30 produk dan bahan baku pangan. Pembebasan itu akan berlaku mulai ,Jumat (21/1) besok.

Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan hari ini pemerintah akan menyelesaikan rapat pleno dan keesokan harinya akan ditetapkan peraturan menteri keuangan (PMK) terkait pembebasan bea masuk (0%).

“0% untuk 30-35 (komoditas pangan), saya tak mau mendahului. Nanti sore selesai pleno, kalau berlaku Jumat maka langsung berlaku,” kata Hatta di sela-sela acara Wirausaha Mandiri di JCC, Jakarta, Kamis (20/1).

Hatta mengatakan hari ini akan diplenokan dan diputuskan, sehingga mulai besok, komoditas pangan yang ditetapkan akan mendapat fasilitas bea masuk 0%. Ia berharap dengan fasilitas penghapusan bea masuk ini akan berdampak pada stabilitas harga pangan di dalam negeri. “Intinya untuk stabilitas harga pangan,” katanya.

Sebelumnya Hatta  mengatakan  bahwa pemerintah memastikan  menghapuskan tarif bea masuk untuk empat produk pangan yaitu beras, bahan baku terigu (gandum), kedelai, dan pakan ternak dan lain-lain.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Bersama-Sama Mengawasi APBD

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (8/12/2017). Esai ini karya Doddy Salman, mahasiswa S3 Kajian Budaya dan Media Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah doddy90@yahoo.com Solopos.com, SOLO–DPRD DKI Jakarta mengesahkan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran…