Kamis, 20 Januari 2011 20:30 WIB Karanganyar Share :

6 Kecamatan jadi sentra tanaman obat

Karanganyar (Espos)–Sedikitnya enam kecamatan di wilayah Kabupaten Karanganyar mulai didorong untuk pengembangan sentra tanaman obat tradisional. Selain meningkatkan perekonomian warga, langkah ini diambil untuk membudayakan konsumsi obat herbal.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan, Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Karanganyar, Siti Maesyaroch, menyebutkan keenam wilayah tersebut adalah Kerjo, Mojogedang, Jumantono, Jumapolo, Karangpandan dan Matesih. Menurutnya, selain kondisi wilayah di enam kecamatan ini cocok untuk mengembangkan tanaman herbal, embrio kelompok taninya juga ada.

“Jadi Kami tinggal mendorong dan membantu pengembangannya,” terangnya kepada <I>Espos<I> belum lama ini. Siti menjelaskan obat herbal yang sedang dikembangkan antara lain empon-empon yang meliputi jahe, kencur, temulawak, kunir dan kunyit. Dia mengaku optimistis pengembangan tanaman herbal ini dapat meningkatkan perekonomian warga yang tergabung dalam kelompok tani. Apalagi saat ini tengah berkembang tren back to nature di masyarakat.

“Pangsa pasarnya pasti akan bagus,” imbuhnya. Siti mengatakan untuk mendorong pengembangan itu pihaknya menggandeng sejumlah pihak. Seperti Balai Penelitian Tanaman Obat (BPTO) Tawangmangu dan Kementerian Negara Riset dan Teknologi. Bahkan pekan lalu, kelompok tani mendapat stimulus berupa bantuan alat perajang, pencuci dan peralatan produksi tanaman obat lainnya. “Mudah-mudahan dengan peralatan ini tanaman herbal petani lebih higienis dan bisa dijual ke pabrik jamu. Karena sebelumnya pabrik jamu menolak membeli tanaman herbal petani dengan alasan standar kebersihan kurang,” harap Siti.

isw

lowongan pekerjaan
STAFF SHIPPING, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JUAL DAIHATSU Terios’09 TX AD-Solo,NomerCantik,An/Sendiri,Istimewa,Harga Nego,Hub:08…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Peringkat dan Mutu Perguruan Tinggi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (13/9/2017). Esai ini karya Johan Bhimo Sukoco, dosen Ilmu Administrasi Negara di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Slamet Riyadi, Solo. Alamat e-mail penulis adalah johanbhimo@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO¬†— Kementerian Riset Teknologi dan…