News
Rabu, 19 Januari 2011 - 12:30 WIB

Pemerintah akan hapus bea masuk bahan baku pupuk

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Pemerintah akan menghapus bea masuk impor bahan baku pupuk untuk menopang stabilisasi pangan di dalam negeri. Paket penghapusan bea masuk bahan baku pupuk menjadi paket menstabilkan harga pangan dan bahan baku pangan di dalam negeri.

“Yang dirapatkan kemarin itu terkait gandum, terkait pakan ternak dan bahan baku pupuk, yang terkait dengan pangan intinya menjaga, mengimbangi terhadap kenaikkan harga dunia,” kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu di kantornya, Rabu (19/1)

Advertisement

Mari mengatakan ia pun masih harus menunggu rapat pleno siang nanti di kantor menko perekonomian. Namun kata dia, semua kebijakan pembebasan bea masuk itu akan memiliki batas waktu yang akan dievaluasi pemerintah. “Ada jangka waktu, sebelum jangka waktu berakhir kita akan mengevaluasi. Kita tidak tahu berapa lama harga tinggi berlangsung,” katanya.

Khusus untuk beras, lanjut Mari, pemerintah berencana akan membatasi pembebasan bea masuk sebelum musim panen. Hal ini agar tak mengganggu harga beras petani lokal. “Jangan lupa mulai Februari ini mulai ada panen,” katanya.

dtc/tiw

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Bahan Baku Pupuk
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif