News
Rabu, 19 Januari 2011 - 09:29 WIB

IHSG siap lanjutkan penguatan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kemarin ditutup menguat tipis mengikuti rebound bursa-bursa regional lainnya. Penguatan IHSG masih ditopang kenaikan saham-saham sektor pertambangan dan perbankan.

Pada perdagangan, Selasa (18/1), IHSG naik tipis 12,918 poin (0,36%) ke level 3.548,649. Sementara Indeks LQ 45 naik 2,024 poin (0,33%) ke level 624,316.

Advertisement

“Pada perdagangan kemarin, IHSG berhasil rebound di tengah sepinya transaksi setelah bolak balik antara zona negatif dan positif menjelang penutupan perdagangan. Pada sesi awal, IHSG sempat memerah namun, menjelang penutupan IHSG mampu mendarat di area positif. Investor asing mulai mengurangi penjualan dan melakukan pembelian terhadap saham-saham yang sudah terdiskon besar yang terlihat dari berkurangnya nilai penjualan, naiknya nilai pembelian, dan tercatat net buy meski kecil, hanya Rp 29,72 miliar,” urai Reza Priyambada, Managing Research Investment Management Division PT. Asjaya Indosurya Securities.

Penguatan IHSG diprediksi akan kembali berlanjut pada perdagangan, Rabu (19/1). Investor mendapatkan momentum penguatan bursa-bursa utama dunia untuk kembali melakukan aksi beli selektif.

Advertisement

Penguatan IHSG diprediksi akan kembali berlanjut pada perdagangan, Rabu (19/1). Investor mendapatkan momentum penguatan bursa-bursa utama dunia untuk kembali melakukan aksi beli selektif.

“Kenaikan IHSG kemarin, didukung oleh penguatan volume dan nilai transaksi. Diharapkan dengan kenaikan ini menjadi amunisi untuk IHSG kembali melanjutkan penguatan. Meskipun demikian, investor masih diliputi kekhawatiran terhadap masalah inflasi, distribusi pangan, BI rate, dan pembatasan BBM,” tamabah Reza.

Bursa Wall Street bisa positif berkat kenaikan saham Google dan juga Boeing dan Caterpillar. Pelemahan saham Apple yang mengambil porsi cukup besar di Nasdaq itertutupi oleh kenaikan saham Google hingga 2,5%. Saham Google melonjak setelah beberapa broker menaikkan target harga.

Advertisement

Bursa Jepang dibuka langsung ikut menguat, indeks Nikkei-225 tercatat naik 48,90 poin (0,46%) ke level 10.567,88 di awal perdagangan Rabu ini.

Berikut rekomendasi saham untuk hari ini:

eTrading Securities:

Advertisement

Pada perdagangan hari ini (18/1) IHSG ditutup naik 12 point (+0.37%), mengikuti kenaikan sebagian besar indeks di Asia, ke level 3,548.65 dengan nilai transaksi sebesar Rp 4.2 triliun. Peningkatan indeks masih ditopang oleh sektor mining dan banking. Asing pada hari ini (18/1) tercatat melakukan net buy sebesar Rp38 miliar dengan sektor yang paling banyak dimasuki adalah banking dan telecommunication. Secara teknikal, IHSG masih terlihat bergerak mixed dengan disertai tekanan jual pada sesi I namun akhirnya ditutup positif. Pada perdagangan besok IHSG diperkirakan akan bergerak dikisaran 3,509 – 3,584 dengan saham – saham yang dapat diperhatikan a.l. BDMN, ADRO dan INCO.

Indosurya Securities:

Pada perdagangan Selasa (19/1) diperkirakan IHSG akan berada pada support 3.495-3.522 dan resistance 3.563-3.578. MACD terlihat masih melemah dengan histogram negatif yang mulai memendek. RSI, William’s %R, dan Stochastic masih tertahan untuk meninggalkan area oversold . Meski kemarin IHSG berhasil rebound namun, masih rawan koreksi. Pasar hanya memanfaatkan beberapa momen tertentu seperti, penguatan harga komoditas dan pengaruh bursa regional, untuk menguat. Berita-berita fundamental ekonomi masih akan mempengaruhi pergerakan IHSG. Meski belum lepas dari awan kelabu, setidaknya masih ada optimisme terhadap kinerja emiten-emiten di bursa.

Advertisement

dtc/tiw

Advertisement
Kata Kunci : IHSG
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif