Soloraya
Rabu, 19 Januari 2011 - 10:16 WIB

Aspirasi dua desa di Wonogiri jadi kelurahan kandas

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Wonogiri (Espos)–Aspirasi warga Desa Bulusulur dan Desa Sendang, Wonogiri Kota, terkait perubahan status menjadi kelurahan kandas. Pemkab Wonogiri menilai kedua desa tersebut belum memenuhi syarat diubah statusnya sebagai kelurahan.

Penegasan itu seperti disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Kabupaten Wonogiri, Sunarso, Selasa (18/1). Dia menyatakan perubahan status menjadi kelurahan dilakukan dengan memertimbangkan banyak faktor atau kriteria, di antaranya sifat dan corak masyarakat. “Kelurahan memiliki masyarakat dengan corak heterogen. Selain itu lapangan pekerjaan mereka lebih banyak bertumpu pada sektor-sektor nonpertanian. Sebagai contoh jadi pekerja atau buruh industri,” ungkapnya saat dihubungi Espos melalui telepon genggamnya, Selasa siang.

Advertisement

Sunarso juga membantah wacana perubahan status Bulusulur dan Sendang dari desa ke kelurahan pernah dibahas di kalangan Legislatif. Menurut dia gagasan tersebut hanya aspirasi masyarakat di dua desa berbeda dan belum sampai DPRD Kabupaten Wonogiri. Jika sudah dibahas oleh anggota Dewan, jelasnya, besar kemungkinan melibatkan instansi terkait, dalam hal ini Bagian Pemdes. “Sejauh ini masih sebatas aspirasi dari masyarakat saja terkait kepentingan wilayah,” tandasnya.

Sunarso tidak membantah kemungkinan perubahan status desa menjadi kelurahan untuk wilayah Bulusulur dan Sendang. Namun demikian dia menegaskan hal itu memerlukan proses panjang dan harus memenuhi banyak kriteria. Selain memerlukan peraturan daerah (Perda), proses perubahan status desa ke kelurahan harus diusulkan sampai ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Secara terpisah, Kepala Desa (Kades) Bulusulur, Dwi Prasetyo, sebelumnya menyatakan Bulusulur sangat memadai menjadi kelurahan. Selain sangat dekat dengan pusat kegiatan pemerintahan dan ekonomi di kota kabupaten, masyarakat setempat telah banyak mengalami transisi. “Keberadaaan beberapa kantor SKPD di Bulusulur adalah bukti desa kami cenderung ke perkotaan,” serunya.

Advertisement

Sementara itu Kepala Desa (Kades) Sendang, Sriyatni, menyatakan dukungan perubahan status ke kelurahan karena pembangunan dan kemajuan wilayah yang akan berjalan lebih cepat. Menurut dia, meski berada sekitar pusat kota, program pembangunan di desanya berjalan relatif lambat karena sumber dan kemampuan keuangan desa selama ini sangat terbatas. Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur (WGM) yang berada di Sendang juga tak memberi banyak manfaat bagi warga.

try

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Desa Bulusulur
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif