Selasa, 18 Januari 2011 21:08 WIB Wonogiri Share :

Hujan lebat, dua ruas jalan di Manyaran longsor

Wonogiri (Espos)–Hujan lebat melanda wilayah Kecamatan Manyaran, Senin (17/1) petang mengakibatkan dua ruas jalan penghubung di Dusun Kajuman dan Lemah Mendak, Desa Kepuhsari, longsor. Selain itu, satu rumah milik warga Kajuman RT 3/RW XII, Tarso, 50, juga dilaporkan rusak karena tertimpa batu longsoran.

Sementara itu pada waktu yang bersamaan, hujan deras disertai angin kencang juga melanda wilayah Kecamatan Jatisrono, mengakibatkan satu rumah milik Tarmin, 38, di Lingkungan Mirahan RT 2/RW III Kelurahan Tanjungsari rusak di bagian dapur. Tidak ada korban jiwa dalam dua kejadian itu.

Kasi Ketenteraman dan Ketertiban (Trantib) Kecamatan Manyaran, Anastasia Sri Siswanti, kepada Espos, Selasa (18/1) mengungkapkan bahu jalan di Dusun Kajuman yang berada 30 meter di atas sungai longsor sepanjang 30 meter. Kerugian akibat kerusakan ini diperkirakan mencapai Rp 100 juta.

“Posisi longsornya cukup menyulitkan untuk perbaikan darurat. Jalannya masih bisa dilewati kendaraan dan warga hanya memasang patok pengaman agar pengendara tidak berada terlalu dekat dengan bagian yang longsor. Diharapkan ada bantuan perbaikan segera karena dikhawatirkan akan longsor lagi jika turun hujan deras,” ungkap Sri Siswanti.

Sementara untuk bahu jalan di Dusun Lemah Mendak, Sri Siswanti mengatakan kerusakannya tidak cukup parah, panjangnya 10 meter, demikian pula tingginya. Nilai kerugian diperkirakan Rp 20 juta. “Longsor di jalan ini, juga rumah yang tertimpa batu longsoran sudah ditangani secara gotong royong oleh warga,” kata Sri Siswanti.

Bencana di Manyaran ini merupakan kali kedua di Manyaran dalam dua hari terakhir. Sehari sebelumnya, sebanyak delapan rumah di Desa Punduhsari dilaporkan rusak dihantam angin ribut. Sementara itu, Camat Jatisrono, Muhamat Misrom dalam laporan ke Pemkab Wonogiri mengungkapkan satu rumah milik Tarmin di Lingkungan Mirahan, Kelurahan Tanjungsari rusak. Kerugian diperkirakan Rp 5 juta.

shs

LOWONGAN PEKERJAAN
PT.MICROVISION INDONESIA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…