Selasa, 18 Januari 2011 18:00 WIB News Share :

Dispertan Salatiga usulkan keringanan PBB bagi petani

Salatiga (Espos)–Dinas Pertanian Kota Salatiga mengajukan usulan keringanan pajak bumi dan bangunan (PBB) bagi petani yang memiliki sawah. Ini dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya laju alih fungsi lahan pertanian di kota yang hanya memiliki empat kecamatan ini.

Kepala Dinas Pertanian Kota Salatiga, Ir Husnani, mengatakan usulan keringanan PBB ini hanya sebagian saja dari upaya Pemkot untuk melestarikan sawah yang saat ini hanya ada sekitar 800 hektare saja. Upaya lain yang telah dilakukan di antaranya pemberian bantuan prasarana pertanian, seperti pupuk, insektisida dan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) di kalangan petani.

“Usulan keringanan pajak ini menjadi isu di kalangan dinas pertanian di daerah lain juga. Ada keluhan dari para petani soal pajak PBB , sawah yang letaknya jauh dengan jalan pajaknya sama dengan sawah yang lokasinya lebih strategis,” ungkapnya, Selasa (18/1).

kha

LOWONGAN PEKERJAAN
PT.NSC FINANCE, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Hantu Komunisme Masih Menakutkan Anda?

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (4/12/2017). Esai ini karya Ahmad Djauhar, Ketua Dewan Redaksi Harian Solopos dan Wakil Ketua Dewan Pers. Alamat e-mail penulis adalah eljeha@gmail.com. Solopos.com, SOLO–”Communism? Nyet… nyet… nyet…[Komunisme? Tidak… tidak… tidak…].” Begitulah komentar orang Rusia…