Senin, 17 Januari 2011 09:07 WIB Kesehatan Share :

Sakit serius tak halangi Menkes beraktivitas

Jakarta–Berita Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih terkena penyakit
kanker paru-paru telah mengejutkan banyak pihak. Berita ini bahkan juga belum diketahui oleh orang-orang yang bekerja di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Waaaahhhh mb ak ga tau bangettt baru tau nihhh,” tulis salah satu pegawai Kemenkes yang tidak mau disebut namanya lewat SMS kepada, Minggu (16/1).

Pegawai Kemenkes lain yang mengurusi publikasi kegiatan Menkes baik dalam dan luar kota, juga tidak mengetahui kabar tersebut. “Saya juga baru tahu mba, ini saya baru baca di internet. Di kantor nggak ada berita apa-apa tentang ibu. Yang saya ingat kunjungan luar kota ibu beberapa hari lalu ke kab. Ende di NTT bareng Wapres. Itu masih sehat-sehat aja,” jawab pegawai Kemenkes saat dihubungi lewat ponselnya.

Beberapa hari yang lalu, tepatnya 7 Januari 2011, detikHealth bersempatan meliput kegiatan kunjungan kerja Menkes ke Makassar. Saat melakukan tinjauan ke empat rumah sakit di Makassar, Menkes masih terlihat sehat. Menkes bahkan terlihat sangat sumringah saat meresmikan kamar operasi gratis di RSU Sayang Rakyat, Makassar, yang dinamakan khusus dengan namanya oleh Pemda Sulawesi Selatan.

Menkes juga tampak bugar ketika harus keluar masuk empat rumah sakit di Makassar. Diawali dengan peresmian kamar operasi di RSU Sayang Rakyat, peletakkan batu pertama di Siloam Hospital Makassar, tinjauan di RS Dr Wahidin dan RS Unhas. Meski harus pulang pergi Jakarta-Makassar dengan sedikit waktu istirahat makan siang, Menkes tidak terlihat lelah atau sakit sama sekali.

Sakit yang diderita Menkes diketahui setelah check up klinis sekitar Oktober 2010. “Iya (terkena kanker paru-paru), tetapi sudah bisa diatasi dan dikendalikan. Itu diketahui setelah check up klinisnya kira-kira Oktober 2010,” kata Staf Khusus Menkes Bidang Politik dan Kebijakan Kesehatan, Bambang Sulistomo, Minggu.

Menurut dia, selama ini tidak ada gejala apa pun yang muncul. Karena itu ketika Endang dinyatakan terkena kanker paru, kabar itu sangat mengagetkan. “Nggak ada gejala apa-apa. Saat memimpin rapat, lalu kunjungan-kunjungan tampak sehat,” ujar Bambang.

Gejala Menkes terkena kanker paru-paru baru diketahui setelah setahun menjabat Menteri Kesehatan. Ketika check up kesehatan calon menteri pada Oktober 2009, gejala penyakit ini belum terlihat.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Musik untuk Palestina

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (12/12/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pendengar musik metal ala Timur Tengah. Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bikin masalah lagi….