Foto : http://iseedyou.com
Senin, 17 Januari 2011 17:30 WIB Kesehatan Share :

Jambu biji dapat buat kulit mulus

Foto : http://iseedyou.com

Jakarta–Buah yang berkulit hijau ini memang sudah populer. Rasanya asam, manis dan segar. Menjadi andalan sumber vitamin C yang tinggi. Buah yang harum aromanya ini juga berkhasiat buat kulit jadi kencang dan mulus.

Buah yang memiliki beragam manfaat ini, memang menjadi primadona. Warna daging buahnya ada yang merah dan putih. Rasanya manis dan asam dengan aroma wangi yang khas. Jambu yang populer dengan nama guava ini juga kaya akan sumber antioksidan dan vitamin C.

Seperti diberitakan detikFood, Senin (17/1) jambu batu (Psidium guajava) atau sering juga disebut jambu biji, jambu siki dan jambu klutuk adalah tanaman tropis yang berasal dari Brazil. Disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Jambu batu memiliki kulit buah berwarna hijau dan kuning dengan biji-biji kecil keras tersebar di seluruh daging buahnya.

Tidak banyak orang tahu bahwa kandungan vitamin C  pada jambu biji lebih tinggi dari buah jeruk. Selain itu buah ini juga lebih banyak mengandung kalium dibandingkan pisang. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat jambu berkhasiat menyehatkan tekstur kulit.

Selain vitamin C. jambu biji juga mengandung vitamin A, B dan potasium yang tak kalah tinggi dengan buah-buahan lain. Berbagai jenis  vitamin itu,  berperan penting untuk menjaga kulit agar tetap bercahaya, segar, mengurangi kerutan dan mencegah penuaan dini.

Tidak hanya pada buahnya saja, namun daun dan kulit batang pohon jambu biji juga memiliki kandungan tanin. Selain vitamin, kalium. Jambu biji juga mengandung,  kalsium 14 mg, hidrat arang 12,2 gram, fosfor 28 mg – besi 1,1 mg, protein 0,9 mg, lemak 0,3 gram, dan air 86 gram

Dengan makan jambu biji secara rutin, elastisitas kulit lebih terjaga.  Bukan hanya itu makan jambu biji dua kali sehari dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah sembelit. Karena kandungan serat yang tinggi pada buah yang manis ini.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
PT.ARUTAMA BUMI STILINDO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…