Bayi Rifa digendong ibunya (Didi/ detikcom)
Senin, 17 Januari 2011 11:54 WIB News Share :

Donatur bantu pengobatan bayi penderita hernia

Bayi Rifa digendong ibunya (Didi/ detikcom)

Jakarta–Nur Rifa Afifah, bayi berusia tiga bulan yang menderita hernia kembali dibawa ke rumah sakit. Sejak kemarin bayi perempuan ini mulai menjalani rawat inap.

Kondisi Rifa memburuk usai menjalani operasi  tiga bulan lalu.  “Kemarin sore dibawa ke rumah sakit,” ujar Ani, tante Rifa, Senin (17/1).

Menurut Ani, setelah dirinya memasang foto ponakannya di situs jejaring sosial facebook ada donatur yang datang memberi bantuan. Namun sang donatur meminta agar rumah sakit tempat Rifa dirawat dirahasiakan. “Donaturnya minta dirahasiakan,” katanya.

Kini Rifa dirawat di kamar kelas 1, pihak rumah sakit masih menunggu rekam medis dari rumah sakit tempat Rifa dioperasi. Diprediksi Rifa akan dirawat hingga selama enam bulan. “Donatur siap membantu sampai Rifa sehat,” tutupnya.

Nur Rifa Afifah dibawa ke rumah sakit satu hari setelah dilahirkan. Setelah dirawat selama dua pekan dokter mendiagnosa bayi perempuan berusia tiga bulan ini menderita hernia sehingga harus dioperasi. Operasi pertama dinyatakan gagal sehingga harus dioperasi kembali tiga pekan kemudian.

Setelah dirawat selama tiga bulan, pada 31 Desember Sukri memutuskan membawa pulang anaknya. Ketika hendak dibawa pulang Sukri dan istrinya melihat ada yang janggal dengan kondisi kesehatan putri keduanya. Namun mereka tidak berani menanyakan hal tersebut.

Bayi yang lahir di bidan secara normal dengan berat 3,2 kg, dan panjang 5,5 cm kondisinya menurun drastis, tubuhnya kurus tidak ada dagingnya, perutnya memerah, kulitnya keriput dan rambutnya rontok.

Sementara jika buang air besar dilarikan ke atas melalui perut bagian kanan. Kini berat Rifa menyusut menjadi 1,7 kg, Rifa tidak bisa mengkonsumsi makanan, sehari-hari dia hanya minum susu.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
4 orang Penerjemah fasih berbahasa mandarin & 2 orang Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…