Soloraya
Sabtu, 15 Januari 2011 - 16:36 WIB

Warga Silir ekspor kunir ke Vietnam dan Prancis

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Warga Silir yang masuk dalam pembinaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ar Ridho siap mengekspor kunir kering ke Vietnam dan Prancis, Selasa depan.

Ketua PKBM Ar Ridho, Sarjoko saat ditemui wartawan di rumahnya di RT 4/ RW VII Kentheng Silir, Semanggi, Pasar Kliwon, mengatakan kunir kering tersebut hasil olahan mantan PSK yang telah dibina oleh PKBM tersebut.

Advertisement

“Ada 25 mantan PSK yang memasok bahan baku kunir dari daerah mereka masing-masing,” katanya, Sabtu (15/1).

Sarjoko menceritakan usaha ekonomi tersebut bertujuan untuk mengangkat perekonomian warga Silir khususnya PSK dan mantan PSK. Sehari-hari warga di daerah itu dan beberapa mantan PSK tersebut bekerja serabutan, seperti pemulung dan buruh kasar.

“Saat ini mereka masih tahap menyediakan bahan baku kunir, tapi cita-cita saya ke depan,   mereka tidak hanya buruh, tapi bisa jadi pengusaha,” ujar Sarjoko. Di sekitar rumahnya, PKBM Ar Ridho bekerjasama dengan donator telah membangun pemanggang ukuran besar untuk mengeringkan kunir. Setiap hari, dua ton kunir mampu dikeringkan. “Percobaan awal kami satu bulan terkumpul 10 ton. Target kami bisa sekali ekspor 10 ton per pekan,”paparnya.

Advertisement

aha

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Psk Solo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif