Sabtu, 15 Januari 2011 10:06 WIB Karanganyar Share :

Penderita kanker payudara di Tasikmadu peroleh bantuan

Karanganyar (Espos)--Suwarti, 55, penderita kanker payudara kronis, mendapatkan bantuan dari Pemkab Karanganyar.

Beberapa petugas Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, mendatangi rumah Suwarti di Dusun Karangmojo RT 8 RW II, Desa Karangmojo, Kecamatan Tasikmadu, beberapa waktu lalu. “Kami cek kondisinya dan memberikan bantuan sekadarnya, tidak banyak,” ujar Kepala DKK Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo, di Karanganyar, Jumat (14/1) siang.

Pemkab tidak memberikan dana bantuan untuk pemeriksaan karena memang tidak ada pos bantuan untuk pemeriksaan atau operasi. Selama ini, Suwarti hidup sendiri dan hanya dirawat oleh keponakannya. Ia juga sudah tidak sanggup untuk melakukan operasi. Karena itu, Cucuk menugaskan sejumlah petugas kesehatan di desa itu untuk memantau perkembangan Suwarti.

Terkait kesembuhan Suwarti, Cucuk menilai kemungkinannya memang kecil. “Tapi itu hanya hitungan manusia. Yang penting adalah dukungan dari orang-orang di sekitarnya untuk memberikan semangat,” katanya.

Pemkab melalui DKK tetap memberikan sarana pengobatan untuk Suwarti melalui petugas Puskesmas setempat, tapi memang harus melalui prosedur yang telah diatur. Selain itu, pihak DKK juga melakukan komunikasi kepada orang yang merawat Suwarti dan memberikan pengertian bagaimana cara merawat penderita.¬† “Bantuan itu kan tidak harus berbentuk materi, tapi juga saran,” ujar Cucuk.

fas

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…