News
Jumat, 14 Januari 2011 - 20:41 WIB

Korban Merapi tagih Jadup dari pemerintah

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sleman–Warga korban bencana erupsi Gunung Merapi asal Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, menagih janji pemerintah yang akan memberikan bantuan jatah hidup senilai Rp5.000 per jiwa per hari yang sampai saat ini belum terealisasi.

“Kami sampai saat ini belum menerima bantuan jatah hidup (Jadup) sesuai yang pernah dijanjikan pemerintah dulu,” kata wakil warga Dusun Manggong, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan Banu Hartoyo, Jumat (14/1).

Advertisement

Menurut dia, hampir 90 persen warga saat ini sangat membutuhkan uang tunai untuk kelanjutan hidup mereka dan membangun masa depan.

“Kalau dana pengganti sapi itu harus dibelikan sapi, lantas mau ditaruh dimana, kami sudah tidak memiliki rumah dan kampung juga mustahil bisa dibangun lagi karena sudah jadi jalur lahar, pemerintah seharusnya mengerti dengan kondisi kami ini,” ucapnya.

Ia mengatakan, pencairan dana yang sudah dijanjikan pemerintah tersebut, juga semakin tidak ada kejelasan.

Advertisement

“Bahkan untuk warga di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yang juga menjadi korban erupsi Gunung Merapi yang sudah mendapatkan sapi tersebut, kini juga dijual kembali. Ini diakibatkan kebutuhan warga ialah uang tunai untuk kebutuhan lain,” paparnya.

Banu mengatakan, sebagian warga korban Merapi ini sekarang ingin membangun rumah agar bisa menata kehidupan untuk esok.

“Saat ini ‘shelter’ belum jadi dan kami hanya terkatung-katung tidak menentu,” katanya, mengeluh.

Advertisement

Ia mengemukakan, saat ini sebagian warga juga sudah tidak memiliki penghasilan, program padat karya yang pernah digulirkan kini sudah selesai.

“Pasir di dusun kami ini juga masih mentah, berbeda dengan pasir yang ada di bawah yang sudah bisa langsung ditambang. Kami berharap agar pemerintah mempertimbangkan kembali dana pengganti sapi mati tersebut, atau segera memcairkan dana bantuan Jadup,” katanya, berharap.

Ant

Advertisement
Kata Kunci : Jogya Merapi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif