Kamis, 13 Januari 2011 03:11 WIB Sukoharjo Share :

Rumah Yulianto diduga dibakar

Kartasura (Espos)–Rumah Jagal Kartasura, Yulianto, yakni di Kragilan RT 2/RW XV, Pucangan, Kartasura, Sukoharjo, diduga dibakar oleh kawanan orang tak dikenal, Rabu (12/1) dini hari. Polisi belum bisa menyimpulkan sebab kebakaran itu.

Salahsatu warga yang tinggal di depan rumah Yulianto, Suparno sekaligus kepala seksi kemanan RW setempat, menceritakan, kejadian itu bermula sekitar pukul 01.10 WIB. Sebelum kebakaran diketahui, dia mengaku mendengar suara tiga sepeda motor melintas di depan rumahnya. “Saat itu, saya sedang nonton TV. Tapi saya tidak curiga terhadap suara motor itu,” katanya saat ditemui, Rabu sore.

Setelah itu, lanjutnya, terdengar suara-suara seperti orang yang sedang membuka pintu dari arah rumah Yulianto. Selain itu, dia juga mendengar tujuh kali suara yang lebih keras dari suara sebelumnya. “Saya mendengar bunyi glodak-glodak sekitar sebanyak tujuh dan suara blug, lebih keras lagi daripada sebelumnya,” ungkapnya.

Curiga, dia mengaku mematikan TV dan mengintip rumah Yulianto dari bagian belakang rumahnya. Saat itu, dia melihat api sudah menyala di setiap sudut rumah Yulianto. Suparno pun membangunkan istrinya, Sri Widati.

“Saya dan istri kembali mengintip dari kaca bagian depan rumah dan terlihat tiga sepeda motor. Sepertinya, lampu disekitar rumah Yulianto sengaja dimatikan dan kelaur dari sana empat orang,” bebernya.

Dia mengatakan wajah empat orang itu susah dikenali karena penerangan di sekitar rumah Yulianto kurang. Dia juga mengaku melihat empat orang itu mengendari tiga motor ke arah timur dengan kecepatan sedang. “Mereka memacu kendaraannya santai. Tapi api sudah membesar,” tambahnya.

Sejak itu, dia mengaku bersama putranya, Danang Agus Susilo, 28, memukuli tiang listrik di depan rumahnya untuk memanggil keluar warga sekitar. Dia mengaku segera melaporkan kejadian itu ke kantor PLN dan Polsek Kartasura.

“Orang-orang berkerumun. Tapi, saya berinisiatif melapor agar segera dilihat pihak berwenang,” imbuhnya.

Sampai Rabu sore, jajaran kepolisan setempat belum bisa mengambil kesimpulan atas kejadian itu. Kapolres Sukoharjo, AKBP Pri Hartono EL melalui Kasatreskrimnya, AKP Sukiyono, juga belum memberi keterangan detil mengenai hal itu.

“Polisi belum bisa menyimpulkan,” katanya saat mendampingi tim Labfor Polda memeriksa rumah Yulianto, Rabu sekitar pukul 15.00 WIB.

Dia mengatakan akan menunggu hasil penelitian Labfor. Sukiyono enggan menerangkan jenis cairan apa di dalam jeriken yang ditemukan di TKP. Sementara kepala tim Labfor Polda Jateng yang datang saat itu, Kartono, mengatakan, pihaknya mengambil beberapa barang dari rumah Yulianto untuk diteliti. “Kami teliti dulu selama sepekan. Kami mengambil jeriken, kabel-kabel dan lainnya,” jelasnya saat meninggalkan TKP.

Terpisah, salah satu penasihat hukum Yulianto, yani Sutarto SH Mhum menyayangkan adanya peristiwa itu. Dia berharap jajaran kepolisian segera mengungkap kejelasan kebakaran itu. “Kami menyangkan terjadinya kebakaran di Kragilan itu. Kami berharap polisi dapat mengusut tuntas kasus itu,” tandasnya.

ovi

lowongan pekerjaan
Editor,Setter,Ilustrator, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) “…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Arsip dan Tertib Administrasi Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (15/9/2017). Esai ini karya Romi Febriyanto Saputro yang menjabat sebagai Kepala Seksi Pembinaan Arsip dan Perpustakaan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sragen. Alamat e-mail penulis adalah romifebri@gmail.com. Solopos.com, SOLO–UU No. 43/2007 tentang Kearsipan…