Kamis, 13 Januari 2011 23:16 WIB Pendidikan Share :

Pendaftaran SNMPTN, sekolah dituntut proaktif

Solo (Espos)–Pihak sekolah dituntut proaktif mendaftarkan profil sekolahnya melalui website http://undangan.snmptn.ac.id. Hal ini menyusul sistem pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur undangan yang akan dilakukan secara online.

Ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (13/1), Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Dr dr Much Syamsulhadi SpKJ (K), menguraikan SNMPTN jalur undangan ialah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik, tanpa ujian tertulis/keterampilan. Peserta jalur undangan adalah sekolah yang telah terdaftar pada sistem database SNMPTN tahun 2010 dan diprioritaskan memiliki akreditasi A atau B. “Sekolah peserta jalur undangan akan mengirimkan siswa pelamar terbaiknya untuk diseleksi menjadi calon mahasiswa baru di PTN yang diminati,” jelasnya.

Panitia SNMPTN jalur undangan, terangnya, terlebih dahulu akan menginformasikan kepada sekolah tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana SNMPTN jalur undangan. Kepala sekolah harus membaca dan memahami seluruh ketentuan dan prosedur SNMPTN jalur undangan, terutama berkaitan dengan persyaratan dan daya tampung Prodi di masing-masing PTN.

Selanjutnya, kata Syamsul, kepala sekolah mengisi daftar prestasi akademik siswa dengan menggunakan user name dan password secara online, memberikan nomor pendaftaran dan password yang didapatkan dari sistem kepada siswa pelamar yang direkomendasikan, siswa pelamar yang telah didaftarkan oleh kepala sekolah membayar uang pendaftaran ke bank senilai Rp 175.000 dengan menunjukkan nomor pendaftaran.

Siswa pelamar dengan menggunakan nomor pendaftaran dan password mengisi biodata, pilihan PTN dan program studi, mengunggah dokumen-dokumen yang dipersyaratkan dan mencetak kartu bukti pendaftaran melalui website http://undangan.snmptn.ac.id. “Setiap siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya dua PTN yang diminati dan memilih Prodi yang diminati pada masing-masing PTN yang dipilih, sebanyak-banyaknya tiga. Pilihan tidak bergantung pada kesesuaian jurusan asal sekolah pelamar. Urutan pilihan Prodi merupakan prioritas pilihan,” ungkapnya.

Siswa yang berhak mengikuti SNMPTN jalur undangan, ujarnya, memiliki prestasi akademik serendah-rendahnya berperingkat 25% terbaik di kelasnya secara konsisten dan memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah.

ewt

lowongan pekerjaan
Kepala Produksi mebel, Drafter, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL JL CPT Taft GT4x4’94,Body Kaleng,Ori,Asli KLATEN:081391294151 (A00593092017) DP Mura…
  • LOWONGAN CARI PTIMER 2-4 Jam/Hari Sbg Konsltn&SPV Bid.Kshtn All Bckgrnd Smua Jursn.Hub:0811.26…
  • RUMAH DIJUAL Jual TNH&BGN HM 200m2,LD:8m,Strategis,Makamhaji,H:08179455608 (A00280092017) RMH LT13…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Gerai Matahari dan Penjualan Kembali ke Fungsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (22/9/2017). Esai ini karya Flo. Kus Sapto W., seorang praktisi pemasaran. Alamat e-mail penulis adalah floptmas@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Berita akan ditutupnya dua gerai Matahari di Pasaraya Manggarai dan Blok M, Jakarta, cukup menarik…