Kamis, 13 Januari 2011 13:09 WIB News Share :

Menhub minta Mandala bereskan refund tiket

Jakarta--Pengembalian uang tiket (refund) calon penumpang maskapai Mandala Airlines kacau. Menteri Perhubungan Freddy Numberi meminta Mandala segera membereskan masalah tersebut.

“Kita sudah mengimbau, harus diselesaikan,” kata Freddy usai mengikuti rapat mengenai lifting minyak di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (13/1).

Menurut Freddy, penghentian penerbangan yang dilakukan Mandala adalah karena persoalan keuangan perusahaan yang tidak cukup untuk menutupi biaya operasi. Mandala diberi waktu 45 hari untuk melakukan restrukturisasi. Bila tidak izinnya akan dicabut. “Otomatis akan dicabut, dan trayeknya juga akan diminati lain,” katanya.

Freddy mengatakan, untuk sementara, trayek Mandala saat ini diisi oleh maskapai lainnya. Ia memastikan tidak akan terjadi kekacauan lebih besar pada transportasi udara di Indonesia. “Trayeknya tidak terlalu khawatir, karena selama ini sudah terisi oleh dan sudah tertutupi oleh maksapai lain seperti Batavia, dan lain-lain,” tutupnya

Seperti diketahui, Mandala menghentikan sementara penerbangannya mulai Kamis, (13/1). Kabar tutupnya Mandala Airlines ini memang cukup mengejutkan mengingat sebelumnya telah mengumumkan berbagai rencana yang cukup mengesankan.

Pada pertengahan 2010 lalu Mandala Airlines merambah rute penerbangan internasional dengan membuka rute Jakarta-Singapura dan Balikpapan-Singapura pulang pergi. Untuk melayani peningkatan penumpang, Mandala segera memperkuat armadanya dengan 25 pesawat baru dari Airbus.

Mandala telah mengakui pihaknya mengajukan permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat karena sedang mengalami masalah keuangan.

“Pengajuan PKPU merupakan langkah terbaik yang dapat diambil untuk memastikan keberlangsungan operasi perusahaan di masa mendatang,” ujar Sekretaris Perusahaan Mandala Airlines Nurmaria Sarona.

dtc/tiw

lowongan pekerjaan
CV MITRA RAJASA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…