Kamis, 13 Januari 2011 16:25 WIB Klaten Share :

Hindari lahar dingin, jalur alternatif disiapkan

Klaten (Espos)--Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten bersama Satlantas Polres Klaten telah menyiapkan sejumlah jalur alternatif jika banjir lahar dingin dari Gunung Merapi benar-benar memutus jalur Solo-Jogja. Langkah tersebut dilakukan menyusul saat ini banjir lahar dingin telah menembus Kecamatan Jogonalan, Klaten.

Kepala Dinas Perhungan Klaten Jaka Sawaldi menegaskan, ada dua aliran sungai yang diwaspadai terkait ancaman lahar dingin. Dua aliran tersebut ialah sungai yang berada di sisi barat persis Prambanan serta Kali Woro yang membelah jembatan Pandan Simping.

“Pada dasarnya, kami sedang mereka-reka adanya solusi alternatif, sebab tak menutup kemungkinan jalur Solo-Jogja tertutup seperti di Jogja-Magelang akan terjadi di Klaten,” kata Jaka Sawaldi kepada Espos di Klaten, Kamis (13/1).

Dia menjelaskan, jika jembatan di kawasan Prambanan putus maka pengendara dari arah Jogja yang menuju Solo akan dialihkan menuju jalur alternatif dari Kalasan menuju Wonosari, Gunung Kidul.

Adapaun jika jembatan Pandan Simping putus, maka pengendara dari arah Solo menuju Jogja akan melintasi jalur alternatif Kecamatan Gantiwarno, Klaten. “Kami harus berjaga-jaga kemungkinan terburuk itu. Semoga saja tidak terjadi. Ini tindakan yang harus kami persiapkan setelah mengikuti rakor dinas perhubungan lintas daerah, yakni dari Sleman, Magelang dan Klaten,” ujarnya.

asa

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…