Kamis, 13 Januari 2011 15:23 WIB Sragen Share :

Giliran kejiwaan 10 Cabup-Cawabup Sragen diperiksa

Sragen (Espos)--Setelah mengikuti tes kesehatan fisik, 10 orang calon bupati (Cabup)-calon  wakil bupati (Cawabup) kembali mengikuti tes di RSUD Sragen. Kejiwaan mereka diperiksa tim psikiater RSUD dr Moewardi Solo dengan instrumen The Minnesota Multiphasic Personality Inventory-2 (MMPI-2), Kamis (13/1).

Model tes psikologi itu dilakukan dengan tes tertulis yang dibagikan kepada para Cabup-Cawabup di Aula RSUD Sragen. Tim psikiater yang dipimpin dr Mardiatmi SpKJ memberikan soal sebanyak 567 soal yang dijawab dengan jawaban ya atau tidak. Tes yang difasilitasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen yang bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sragen itu berlangsung sejak pukul 08.35 WIB. Mereka diberi waktu antara 1-2 jam untuk mengerjakan soal tersebut secara bersamaan.

Cabup independen Danang Wijaya dan Cabup Partai Golkar Agus Fatchurrahman keluar ruang tes lebih dulu, sekitar satu jam dari waktu dimulainya tes itu. Disusul Cawabup Daryanto, Cabup Wiyono dan pasangannya Dariyanto, kemudian pasangan Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Darmawan Minto Basuki (Yuda) yang keluar berbarengan dan tiga orang yang terakhir keluar, yakni Sularno, Kushardjono dan Sumiyarno.

Ketua tim psikiater dari RSUD dr Moewardi Solo, dr Mardiatmi SpKJ saat ditemui wartawan seusai tes mengungkapkan tes psikologi ini menggunakan instrumen MMPI-2, yakni sebuah tes yang dilakukan untuk mengetahui penyimpangan kejiwaan terhadap seseorang. Menurut dia, hasil tes ini bisa diketahui selama satu hari berikutnya selama prosesnya lancar.

trh

lowongan pekerjaan
AYAM BAKAR KQ 5, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Intelek Banal Kampus Milenial

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (9/12/2107). Esai ini karya Adi Putra Surya Wardhana, alumnus Program Studi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah adiputra.48697@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu lalu beberapa kawan yang menempuh…