News
Rabu, 12 Januari 2011 - 13:44 WIB

Tanda tangan Kepala Imigrasi Jaktim di paspor Gayus palsu

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Nasrul Ngabdimasa, mantan Kepala Kantor Imigrasi Jakarta Timur, tegaskan penggantiannya bukan karena kasus paspor Gasyus Tambunan. Tandatangan atas namanya di paspor tersebut, dia sebut sebagai hasil pemalsuan.

“Tanda tangan itu dipalsukan. Saya tidak tandatangani itu paspor. Kalau sudah dipalsukan seperti itu mau apa lagi? Apa mungkin saya tandatangan?” tegas Nasrul setibanya di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Jl MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (12/1).

Advertisement

Dia membantah bila pergantian dirinya terkait dengan dugaan adanya oknum Kantor Imigrasi Jakarta Timur terlibat pembuatan paspor ‘Sony Laksono’ yang digunakan Gayus Tambunan. Melainkan karena mendapat tugas baru sebagai Kasubdit Pencekalan Kementerian Hukum dan HAM.

“Saya sejak tanggal 4 Januari 2011 dilantik jadi Kasubdit Pencekalan Dirjen Imigrasi Kementeterian. Kabar itu (paspor Gayus Tambunan)sesudah saya dilantik,” ujarnya sambil menuju ruang serah terima jabatan.

Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Sihabudin juga membenarkan jika pergantian jabatan Nasrul tidak terkait dengan isu pembuatan paspor palsu Gayus. Jauh sebelum kasus paspor Gayus Tambunan merebak, sudah terbit surat keputusan penggantian jabatan Nasrul.

Advertisement

“Pergantian jabatan untuk beliau SK-nya kan sudah keluar 30 Nopember
2010 lalu, jauh sebelum kasusnya merebak,” kata Sihabudin usai pelantikan.

Nasrul Ngabdimasa digantikan Yudi Kurniadi yang sebelumnya menjabat Kabid Pengawasan dan Penindakan Kantor Imigrasi Khusus Batam. Selain Nasrul, turut dilantik 3 pejabat di jajaran Kemenkumham DKI Jakarta, mereka adalah Duddy Abdurachim Kabid Lalu Lintas dan Izin Tinggal Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Riau menjabat Kepala Imigrasi Jakarta Utara menggantikan Sukna Murni Sinulingga.

Syarief Hidayat, Kepala Kantor Imigrasi Palangkaraya menjabat Kabid Lalu Lintas Izin Tinggal dan Status Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, dan Sariyun yang sebelumnya menjabat Kasubdit Teknis Petugas Pengamanan Direktorat Bina Keamanan dan Ketertiban kini menempati jabatan baru sebagai Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas).

dtc/tiw

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Gayus
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif