Rabu, 12 Januari 2011 17:46 WIB Ekonomi Share :

Stop penerbangan, Mandala diminta refund tiket pesanan

Jakarta –– Kementerian Perhubungan meminta PT Mandala Airlines bertanggung jawab kepada calon penumpang atas tiket-tiket yang sudah dipesan untuk penerbangan mendatang, setelah maskapai itu berhenti beroperasi mulai Kamis besok. Tanggung jawab bisa dilakukan dengan mengembalikan dana (refund) atau dengan mengalihkan ke maskapai lain.

Demikian hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Herry Bakti kepada detikFinance saat dihubungi lewat sambungan telepon, Rabu (12/1).

“Kita (Kemenhub) sudah minta Mandala bertanggung jawab kepada penumpang, mulai besok atau lusa. Hak penumpang jangan sampai dilanggar,” katanya.

Menurut Herry, tanggung jawab yang dilakukan maskapai swasta itu bisa dilakukan dengan mengembalikan dana (refund) atau dengan mengalihkan ke maskapai lain.

“Apapun caranya harus dilakukan. Bisa dengan refund atau dialihkan ke maskapai lain. Mereka sudah menyatakan sanggup untuk kedua opsi itu,” tambahnya.

Seperti diketahui, Mandala Airlines sudah mengumumkan masalah kesulitan keuangannya dan akan menghentikan operasionalnya mulai Kamis (13/1/2011). Mandala Airlines mengaku telah mengajukan permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat karena Mandala sedang mengalami masalah keuangan.

Sekretaris Perusahaan Mandala Airlines Nurmaria Sarona mengatakan, pengajuan penundaan pembayaran utang ini merupakan jalan terbaik jika perusahaan ingin terus beroperasi.

“Pengajuan PKPU merupakan langkah terbaik yang dapat diambil untuk memastikan keberlangsungan operasi perusahaan di masa mendatang,” ujar Nurmaria dalam keterangan persnya, Rabu (12/1).

Dikatakan Murmaria, perseroan membutuhkan dana yang cukup untuk melakukan restrukturisasi agar dapat memiliki posisi, serta untuk membangun merek yang jelas sehingga memperkokoh operasional perusahaan.

Sebelumnya, sempat beredar kabar Mandala mulai pukul 17.00 WIB ini akan mengumumkan penghentian operasi. Seluruh pilot Mandala berencana untuk menggelar demo karena pembayaran gajinya tersendat.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
PT Sejati Cipta Mebel, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Ketika Uang Tunai Terpinggirkan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (16/10/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Perkembangan teknologi digital yang super cepat mengubah banyak hal, baik di…