Rabu, 12 Januari 2011 22:56 WIB Pendidikan Share :

PTN dilarang terima Maru sebelum UN

Solo (Espos)–Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dilarang menerima mahasiswa baru (Maru) sebelum pelaksanaan Ujian Nasional (UN), 18-21 April 2011.

Sementara pendaftaran Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) melalui undangan nasional dimulai 1 Februari-12 Maret 2011. Seperti diberitakan sebelumnya, penerimaan calon Maru yang dulu dilaksanakan melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK), mulai tahun 2011, diganti mekanismenya menjadi SNMPTN melalui undangan nasional.

Ketika dihubungi Espos, Rabu (12/1), Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Prof Dr dr Much Syamsulhadi SpKJ (K) mengungkapkan berdasarkan sosialisasi SNMPTN tingkat nasional yang disampaikan ketua umum panitia SNMPTN tingkat nasional di Jakarta, Rabu, dengan alasan apapun semua PTN tidak boleh melakukan seleksi calon Maru sebelum pelaksanaan UN. Pendaftaran boleh saja dilakukan sejak sebelum UN, tapi ujian harus dilaksanakan setelah UN.

“Otomatis pengumuman penerimaan calon mahasiswa baru, juga setelah UN,” ujarnya.

Kebijakan baru tersebut, terangnya, bertujuan agar siswa SMA/SMK fokus ke UN terlebih dahulu.
Syamsul juga menginformasikan SNMPTN meliputi SNMPTN ujian tertulis dan SNMPTN melalui undangan nasional. SNMPTN ujian tertulis dilaksanakan Selasa (31/5)-Rabu (1/6). Pada Selasa, ujian meliputi tes potensi akademik dan tes bidang studi dasar.

Sedangkan pada Rabu, tes meliputi tes bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi yang mengambil program IPA, dan tes bidang studi IPS bagi yang mengambil program IPS.

“Ujian keterampilan bagi calon mahasiswa yang mengambil program studi tertentu, dilaksanakan 3-4 Juni,” jelasnya.

Sementara SNMPTN melalui undangan nasional, terangnya, hasilnya akan diumumkan pada 18 Mei. Registrasi bagi mereka yang dinyatakan diterima di sebuah PTN, dilakukan pada 31 Mei dan atau 1 Juni. Soal persyaratan, katanya, ada peningkatan standar dibandingkan tahun sebelumnya.

Nantinya, kata Syamsul, setiap kepala sekolah akan memiliki user name dan password untuk masuk ke website Kemendiknas. Setiap sekolah diharuskan mengisi daftar prestasi terkini sekolah sebagai salah satu pertimbangan untuk menentukan diterima atau tidaknya seorang calon siswa di sebuah PTN.


Jadwal SNMPTN 2011

SNMPTN undangan nasional
Pendaftaran    : 1 Februari-12 Maret 2011
Pengumuman hasil     : 18 Mei
Registrasi    : 31 Mei-1 Juni

– SNMPTN ujian tertulis
Ujian 31 Mei      : tes potensi akademik dan tes bidang studi dasar
Ujian 1 Juni    : tes bidang studi IPA dan tes bidang studi IPS

Sumber: wawancara

ewt

PT. SAGO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply


Iklan Cespleng
  • MOBIL DIJUAL TERIOS TS’2008,Mulus/Gagah R18,Comp AC Baru,Silver,125JtNego, Hub=085640166830 (A001…
  • LOWONGAN CR SALES Konveksi,Wanita,Usia 24-38Th,Gaji Pokok+Uang Makan+Bensin+Bonus.Hub:DHM 082134235…
  • RUMAH DIJUAL DIJUAL RUMAH Sederhana,Jl,Perintis Kemerdekann No.50(Utara Ps.Kabangan)L:12×7 Hub:081…
Lihat Semua Iklan baris!

Kolom

GAGASAN
Harga Tertentu Beras Tertentu

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (7/8/2017). Esai ini karya Feriana Dwi Kurniawati, Kepala Seksi Usaha Tani dan Pengolahan Hasil Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah feriana_dk@yahoo.com. Solopos.com, SOLO — Pemerintah telah mengumumkan mulai…